KABARNUSANTARA.ID – Co-Founder & CEO Tokopedia, William Tanuwijaya memaparkan bahwa Google dan Temasek telah sepakat untuk melaksanakan investasi di perusahaan besutannya. Hal itu dirinya sampaikan melalui akun Instagramnya.

“Kami sangat senang menyambut Temasek dan Google sebagai pemegang saham Tokopedia. Kami merasa terhormat dan berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan mereka kepada Tokopedia dan Indonesia,” tulis William.

Sayangnya, ia tak menyebut berapa prosentase saham yang dimiliki oleh kedua perusahaan raksasa dunia itu. Hanya saja, berdasarakan laporan dari Nikkei Asian Review, Senin (16/11) yang dilansir dari merdeka.com, dalam investasi tersebut, Google resmi memegang 1,6 persen saham Tokopedia.

Kemudian, Temasek melalui Anderson Investments memborong 3,3 persen saham perusahaan yang khas berwarna hijau ini.

Data tersebut pun, telah tercatat di Kementerian Hukum dan HAM pada 4 November 2020 lalu. Jika dirupiahkan, perkiraan nilai saham Tokopedia yang digenggam Google ditaksir senilai Rp 16,7 miliar. Sementara nilai saham yang dikuasai Anderson sekitar Rp 33,4 miliar.

Perlu diketahui, saat ini pemegang saham terbesar di Tokopedia masih SoftBank Group sebesar 33,9 persen melalui banyak entitas termasuk Vision Fund. Pemegang saham terbesar kedua adalah Alibaba Group sebesar 28,3 persen.