Gunung Merapi White Island Di Selandia Baru Meletus

0
114

Wellington  | KABARNUSANTARA.ID – Gunung berapi yang berlokasi di salah satu tempat wisata ternama di Selandia Baru yaitu White’s Island meletus pada Senin, 9 Desember 2019.

Hingga kini, jumlah korban hilang maupun terluka masih belum diketahui.
Dalam sebuah konferensi pers, PM Jacinda Ardern mengatakan bahwa kru pencarian dan penyelamatan telah membantu di lokasi letusan, yang terletak di lepas pantai timur Pulau Utara. Demikian dikutip dari CNN, Senin (9/12/2019). Dilansir Liputan6.com

“Pada tahap ini kami yakin bahwa ada sekitar 100 orang berada di sekitar atau di pulau tersebut. Pada tahap ini, belum seluruhnya masuk dalam hitungan,” katanya.

Dia mengatakan bahwa saat ini, masih terlalu dini untuk mengatakan seberapa parah luka-luka itu. Tetapi, ia juga menambahkan bahwa dia memahami sejumlah orang yang terkena dampak adalah wisatawan.
Berbicara kepada CNN, afiliasi Radio Selandia Baru, St John Ambulance mengatakan bahwa hingga 20 orang diyakini telah terluka dalam letusan, menambahkan bahwa unit triase seluler sedang dalam perjalanan.

Foto-foto dari situs informasi bahaya geologi resmi Selandia Baru Geonet menunjukkan gumpalan asap putih membubung di atas pulau itu pada Senin sore, waktu setempat.

“Whakaari / White Island meletus. Informasi lebih lanjut segera,” GeoNet mengumumkan dalam pemberitahuan di Twitter resmi mereka.

Penasihat abu vulkanik dikeluarkan pada pukul 2.30 malam waktu setempat oleh MetService, layanan meteorologi Selandia Baru.

Polisi Selandia Baru meminta orang-orang di daerah yang terkena dampak untuk tinggal di dalam rumah.

Level Peringatan Vulkanik telah dinaikkan menjadi 4, dan kode Warna Penerbangan berwarna oranye, menurut GeoNet.

Badan Manajemen Darurat Nasional Selandia Baru mengatakan letusan yang terjadi di White Island “berbahaya di sekitar gunung berapi” dan bahwa badan tersebut menilai situasi dengan penasihat ilmiah untuk menentukan tingkat keparahan ancaman.

“Nasihat keselamatan terperinci akan datang dari otoritas setempat dan layanan darurat di daerah itu. Segera bertindak,” kata agensi itu di Twitter-nya.

Gunung Putih atau Gunung Whakaari adalah gunung berapi kerucut paling aktif di Selandia Baru menurut situs web GeoNet.

Gunung berapi kerucut adalah jenis gunung yang paling mudah dikenali, tidak seperti gunung berapi perisai atau calderas yang bentuknya jauh lebih datar.

Whakaari / White Island dijuluki “salah satu gunung berapi aktif yang paling mudah diakses di dunia” di situs web White Island Tours, yang menawarkan pelayaran laut di dekat pulau dan tur berpemandu tergantung pada status tingkat peringatan gunung berapi yang bervariasi.

Menurut situs web GeoNet, lebih dari 10.000 orang mengunjungi pulau itu setiap tahun.

Reporter : Bunga CAP