KABARNUSANTARA.ID – Banyak orang yang berpikir jika mengeringkan handuk dengan cara dijemur setelah dipakai akan menghilangkan bau serta jamur yang ada di dalamnya. Namun, sebenarnya hal itu tidak menghilangkan berbagai mikroorganisme yang ada di dalamnya.

Handuk menyerap banyak air dan akan tetap lembab selama berjam-jam, dan menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi kuman. Itulah mengapa handuk harus dicuci setiap minimal tiga kali digunakan.

Dilansir dari Health Line, Minggu (29/11/2020) yang dilansir dari Kompas.com, manusia memiliki 19 juta sel kulit dan 650 kelenjar keringat di setiap inci tubuh, dan akan terserap handuk yang digunakan setiap harinya. Sel-sel mati membentuk 20 lapisan teratas kulit manusia.

Beberapa sel ini terkelupas saat mandi, namun banyak dari sel-sel ini yang menempel di handuk. Handuk kotor dapat menyebabkan virus, jamur, dan bakteri. Konsekuensi penggunaan handuk kotor adalah kulit akan teriritasi dan kemungkinan akan menyebarkan infeksi.

Bakteri penyebab infeksi Staph (MRSA) ditemukan dapat menyebar pada handuk dan seprai. Untuk menghindarinya, seseorang tidak boleh berbagi atau berganti handuk dengan orang lain.

Cara terbaik untuk mencegah kuman tumbuh subur di handuk adalah dengan membuatnya benar-benar kering setelah penggunaannya. Ingat, menjemur bukan berarti mengeringkannya.

The Cleaning Institute merekomendasikan mencuci handuk mandi setelah tiga kali penggunaan. Jika Anda mandi setiap hari, itu berarti harus mencuci handuk hampir dua kali dalam seminggu.

Namun, ada faktor yang membuat pencucian handuk lebih dari itu, misalnya handuk bekas olahraga harus segera dicuci, atau handuk yang sudah lama dijemur di dalam kamar mandi.

Sebab, semakin lama handuk di jemur di dalam kamar mandi, semakin banyak jamur yang berkembang. Bahkan terkadang membuatnya mengeluarkan bau tak sedap.

Selalu gantung handuk hingga kering sebelum menumpuknya di keranjang pakaian kotor. Kemudian untuk pencuciannya tidak memerlukan pemutih karena tidak akan membunuh kuman.

Membilas handuk dengan cuka dapat membunuh bakteri yang tidak diinginkan di dalam handuk dan mesin cuci. Hindari mencuci handuk saat mesin cuci sangat penuh, hal ini akan membenani mesin cuci dan handuk tidak bersih secara menyeluruh.