GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Anak-anak muda Garut kreatif pecinta kuliner yang tergabung dalam kelompok Vortable, menggelar festival baso aci yang pertama di Indonesia. Festival digelar selama 3 hari menjelang bulan suci Ramadhan, dari hari ini Jumat hingga Minggu (3-5/5/2019) di halaman Pendopo Garut.
ㅤㅤ
Dhani, salah satu pengurus Vortable menyatakan, festival ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Kota Garut bahkan di Indonesia. Tujuannya, untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa baso aci adalah makanan khas asli Garut.

Baca juga:

Gerindra Dominan, Inilah Caleg Dapil XI yang Diperkirakan Lolos ke DPR RI

Dani berharap, festival ini bisa mengangkat baso aci menjadi salah satu icon kuliner Garut, sehingga ke depan Garut bukan hanya dikenal dengan dodol atau kopinya, tapi juga baso acinya.
ㅤㅤ
“Saat ini kita bisa lihat bahwa penggemar baso aci itu benar-benar meningkat, apalagi dengan adanya baso aci yang dijual kemasan. Penikmat baso aci pun sekarang ini bukan hanya di Garut, tapi juga luar Garut bahkan luar negeri,” ujar Dhani.

Sayangnya, menurut Dhani, hingga sekarang belum ada upaya dari Pemerintah Kabupaten Garut untuk melakukan campaign mengenai baso aci sebagai makanan khas Garut.
ㅤㅤ
“Sampai sekarang, belum pernah ada event yang dibuat di Garut mengenai baso aci, yang pernah ada itu hanya festival dodol, kopi, burayot bahkan coklat,” ungkapnya.

Dhani melihat, antusias warga Garut terhadap festival ini ternyata di luar dugaan.

“Masyarakat sangat antusias, karena mungkin orang Sunda terbiasa dengan makanan pedas gurih dan sebagainya, apalagi ini festival baso aci pertama kali di Indonesia dan diselenggarakan di Garut” ungkapnya.

Baca juga :

Menuju Darajat, Ini Keluhan Wisatawan
ㅤㅤ
Festival baso aci yang diikuti beberapa penjual baso aci ternama di Garut ini, dibagi menjadi tiga kategori, yakni Baso Aci Legend, Baso Aci Unik, dan Baso Aci Hits. Sejumlah komunitas yang ada di Garut pun ikut meramaikan festival ini.

Reporter : MD Sumarna
Editor : Mustika

ㅤㅤ