JAKARTA | KABARNUSANTARA.ID Indonesia akan menyetop pasokan gas ke Singapura dalam rentang waktu 4 tahun mendatang. Selama ini, Singapura mendapat pasokan gas melalui Lapangan Suban Blok Corridor yang digarap ConocoPhillips.

Penyetopan transmisi gas ini dilakukan untuk meningkatkan stok gas bumi di Indonesia yang diprediksi akan habis sekitar 40 tahun mendatang. “Jadi gas kita kan banyak di Sumatera, suplai ke Singapura akan habis di 2023. Kita akan tarik ke dalam negeri,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif di Ruang Rapat Komisi VII DPR RI, Jakarta, Rabu (27/11/2019). Dilansir Kompas.com

Penyaluran gas ini nantinya akan disalurkan ke pipa Duri Dumai, Riau hingga penyebaran pasokannya merata sampai ke Sumatera. Gas ini akan mengalir menuju Pulau Jawa. Karena gas bumi ini pada akhirnya bisa dimanfaatkan ke seluruh Indonesia. “Sumatera ke Jawa tinggal sambung dari Cirebon-Gresik. Sumbernya nanti dari ConocoPhillips Saka Kemang sehingga daerah ini tersambung,” katanya.

Reporter : Bunga CAP