Ingin Cek Kesehatan Gratis, Pos Kesehatan Di Jalur Mudik Tempatnya

0
86

GARUT | KABARNUSANTARA.ID – Menteri Kesehatan Nilla Moeloek, memastikan semua jalur perlintasan mudik di jalur selatan, telah disediakan posko-posko kesehatan. Selain pos kesehatan, semua fasilitas kesehatan dari mulai Puskesmas hingga rumah sakit pun ikut disiagakan selama arus mudik.

“Kalau di pos kesehatan, bisa gratis, jadi bisa cek kesehatan,” jelas Nilla

kepada wartawan, Rabu (29/5/2019) saat ditemui disela kunjungan memantau persiapan jalur mudik di kawasan Nagreg, Bandung dan Limbangan, Garut bersama Menko PMK Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Semua pos kesehatan di jalur mudik, menurut Nilla disiagakan selama 24 jam dengan menyediakan pelayanan komprehensif dengan prioritas menjaga kesehatan para pemudik. Pelayanan yang bisa didapatkan diantaranya adalah pengecekan tensi darah, gula darah hingga masalah kesehatan lainnya, termasuk stress.

Menko PMK sendiri menghimbau, para pemudik bisa menjaga ketertiban selama menjalankan mudik. Selama perjalanan mudik, Puan berharap para pemudik tetap memperhatikan kesehatannya dan memperhatikan rambu-rambu lalulintas.

“Kalau kelelahan, istirahat dulu, ada pos-pos kesehatan,” jelasnya ditempat yang sama.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ditempat yang sama menegaskan, semua infrastruktur telah disiapkan untuk menghadapi arus mudik, terutama di jalur selatan. Namun, agar mudik berjalan lancar, bukan hanya infrastruktur yang diperlukan.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan jika mudik ingin lancar menurut Basuki, yang pertama adalah masalah infrastruktur, kedua masalah manajemen lalulintas dan yang terakhir adalah prilaku pemudiknya sendiri. (*)

Reporter : Ary MK
Editor : Mustika