KABARNUSANTARA.ID – Namanya juga tidak makan dan minum seharian, ya pasti tubuh akan merasa letih dan lesu saat berpuasa. Namun di balik itu, ada semangat ruhaniah yang senantiasa menyadarkan kita bahwa puasa adalah ibadah, dan ibadah merupakan puncak pengabdian makhluk kepada Sang Khalik sebagai Maha Pemilik semesta, sekaligus pemilik kita.

Pembaca yang budiman, semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan sehingga bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan lancar. Amin…! Pertanyaannya, adakah cara untuk mengurangi sedikit rasa letih dan lesu saat menjalani puasa.

Jawabnya tentu ada. Di antaranya mengonsumsi makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Nah di bawah ini ada lima makanan, termasuk minuman, yang akan menjaga kebugaran tubuh Anda saat menjalani puasa. Perbanyaklah mengonsumi makanan dan minuman ini setelah Anda berbuka, insya Allah tubuh Anda tetap segar dan semangat menjalani aktivitas harian. Inilah kelima makanan tersebut.

  1. Air putih

Ketika berbuka, prioritaskanlah minum air putih sebelum minum atau makan makanan yang lain. Air putih sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga bisa dengan cepat mengatasi dehidrasi. Tapi jangan lupa, saat berbuka minumlah air putih hangat kuku. Hal ini akan berguna untuk menjaga suhu tubuh yang seharian dalam kondisi kosong makanan.

Sangat disarankan agar Anda meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari untuk menjaga cairan tubuh. Cara meminumnya tentu saja tak sekaligus, melainkan dibagi menjadi beberapa kali, di antaranya saat berbuka, saat makan, saat istirat dan saat sahur.

Dengan meminum air putih yang seimbang, tubuh Anda dijamin segar dan bugar saat menjalani puasa.

2. Buah-buahan

Makan buah-buahan yang cukup juga sangat disarankan bagi Anda yang sedang menjalani puasa. Selain mengandung gula, buah-buahan juga mengandung vitamin dan serat yang tinggi sehingga sangat bagus untuk tubuh. Kadar air yang terkandung buah-buahan pun, sangat membantu tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Gula dalam buah-buahan bisa langsung menaikkan kadar gula darah dan membuat tubuh segera berenergi. Buah-buahan yang bisa dikonsumsi saat berbuka di antaranya apel, pepaya, melon, buah naga, dan pisang. Buah yang mengandung banyak cairan bermanfaat untuk hidrasi tubuh selama puasa dan mengurangi rasa haus. Sedangkan buah yang tinggi serat memiliki penyerapannya lebih lambat di dalam tubuh sehingga akan terasa kenyang lebih lama.

3. Kurma

Kadar gula dalam kurma sangat bagus untuk mengembalikan kesegaran tubuh setelah menjalani berpuasa. Selain itu, kurma juga memiliki vitamin yang kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran jika Nabi Muhammad SAW menjadikan kurma sebagai makan berbuka yang paling utama setelah air putih.

4. Makanan berkarbohidrat dan protein

Makanan berkarbohidrat sangat penting saat berpuasa. Oleh karena itu, makan nasi, ubi, kentang dan sejenisnya sangat bagus bagi bagi Anda yang menjalankan puasa. Selain itu asupan protein pun harus diperhatikan. Makanan seperti daging ayam, telur, ikan, dan yang lainnya akan menjaga Anda tetap bugar. Jika makanan berprotein itu dinilai terlalu mahal, maka Anda bisa menggantinya dengan tempe atau tahu dan telur. Makanan-makanan itu relatif lebih murah dan mudah didapat.

5. Sayuran

Upayakan pula untuk mengonsumi sayuran saat berbuka. Sayuran mengandung nutrisi dan mineral yang bagus bagi tubuh. Para ahli nutrisi menyarankan, sebaiknya saat puasa sayuran ini dimasak dijadikan sop atu tumis, tidak dimakan langsung secara mentah. Hal ini untuk menjaga agar sayuran terbebas dari kuman yang akan merugikan tubuh.

Mustika dari berbagai sumber

1 KOMENTAR