Ini Cara Unik Polres Tasikmalaya Oprasi Saat Pandemi Covid 19

0
130

TASIKMALAYA, KABARNUSANTARA.ID – Polres Tasikmalaya, Jawa Barat menggelar Oprasi Lodaya Tahun 2020 mulai Kamis (23/7/2020). Pelaksanaan Oprasi Lodaya ditengah Pandemi Covid 19 dilakukan dengan sistem berbeda dari biasanya.

Saat rajia petugas tidak menggelar Razia disatu tempat tetapi dengan sistem hunting kasat mata. “Kami tidak statisioner tapi dengan sistem hunting kita melihat kasat mata saja saat dilapangan ada pelanggar kita tindak melalui sanksi tilang maupun teguran”, Ucap Iptu Engkos Kosasih Kasat Lantas Polres Tasikmalaya, di Jalan Cintawana.

Sejumlah pelanggar lalu lintas masih terjaring oprasi Lodaya, sebagian lagi justru melarikan diri saat dihampiri kendaraan patroli, beruntung petugas mampu menghentikanya untuk diberi peringatan dan sanksi tilang.

“Iyah ada beberapa pemotor masih tidak pakai helm dan gak bawa surat kendaraan SIM STNK. Kami Sanksi Tilang Dan Teguran”,Tambah Engkos.

Tak jarang, banyak pengendara nakal yang melakukan trik agar bisa lolos dari tilang. Pemotor mengaku lupa bawa helem karena buru buru beli ayam untuk syukuran. Ada lagi, pemotor yang mengaku akan jualan bendera di Kantor Polisi sambil berharap tidak ditilang.

Namun, Polisi tetap menegurnya karena pemotor ini tidak mengenakan helem dan tidak bawa surat kendaraan.

“Apapun alasannya berkendara itu harus patuhi aturan lalu lintas untuk keselamatan bersama dan menekan angka serta fatalitas kecelakaan lalu lintas”, Kata Engkos.

Seorang Ibu rumah tangga turut terjaring mengendarai motor tanpa helem. Berulang kali sang ibu meminta maaf dan meminta tidak ditilang. Polisi akhirnya hanya memberi sanksi teguran.

“Minta maaf pak tadi lupa. Gak akan diulangi lagi pak”,Ucap Ai, pemotor tanpa pelindung kepala.

Sebelum pelaksanaan Oprasi Lodaya, Sebanyak 72 Anggota satlantas Polres Tasikmalaya, Jawa Barat jalani Rapid Test di Gedung Pertemuan Warga (GPW) Polres Tasikmalaya. Hasilnya, seluruh aggota Non reaktif covid 19 alias aman.

“Kita sebelum memulai kegiatan Oprasi Lodaya melaksanakan rapid test untuk 72 Anggota lalulintas. Alhamdulillah hasilnya Negatif semua”, Ucap AKBP Hendria Lesmana, Kapolres Tasikmalaya di Kantornya, pelaksanaan Oprasi Lodaya digelar hingga lima agustus nanti.

Reporter : Ucue

Editor : AMK