oleh

Inilah 4 Waktu Mustajab untuk Berdoa

ISLAMI|KABARNUSANTARA.ID – Allah Maha Pemurah dan mencintai orang-orang yang senantiasa berdoa.

“Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian.(QS. Ghafir: 60).

Lalu apa yang harus dilakukan agar doa kita cepat terkabul? Para ulama menyebutkan, selaian harus memenuhi tatacara berdoa yang baik dan benar,juga ada waktu-waktu mustajab di mana doa kita akan segera dikabulkan.

Inilah tiga waktu mustajab untuk berdoa tersebut

Baca juga:

Bacalah Al Ikhlas karena Allah, Anda Segera Merasakan Fadilahnya

Waktu sepertiga malam terakhir

Orang yang sering bangun di sepertiga malam kemudian shalat dan berdoa, merupakan ciri orang bertaqwa. Dan orang bertaqwa dicintai Allah. Selain itu, pada sepertiga malam, Rabb kita Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang sedang berdoa.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758)

Ketika adzan berkumandang

Selain dianjurkan untuk menjawab adzan dengan lafazh yang sama, saat adzan punmerupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”)

Di antara adzan dan iqamah

Waktu antara adzan dan iqamah adalah waktu sangat tepat untuk memanjatkan doa. Maka manfaatkanlah waktu tersebut dengan mengutarakan keinginan kita kepada Allah SWT.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”)

Baca juga:

Dahsyat, Inilah Pahala Menikahi Janda

Waktu berbuka puasa

Waktu berbuka puasa penuh kegembiraan dan keberkahan. Waktu ini pun merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

Rasulullah SAW bersabda:

‘”Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi no.2528, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi). (*)

Mustika, dari berbagai sumber

Komentar