KABAR NUSANTARA – Di era milenial seperti saat ini, siapa sih yang tak punya akun media sosial Instagram? Bahkan mungkin, tidak sedikit dari Anda yang menjadi pengguna setia dari aplikasi pengunggah foto yang satu ini.

Namun, di balik ketenarannya tersebut, instagram ternyata bisa berdampak buruk bagi psikologis seseorang, yang disebut dengan instagramxiety. Instagramxiety akan membuat pengguna instagram yang mengalaminya merasa khawatir atau cemas saat melihat foto-foto hasil unggahan orang lain dalam aplikasi instagram.

Dikutip dari New York Post, instagramxiety merupakan suatu kondisi nyata yang membuat seseorang merasa kelelahan, stres, iri, sedih, bahkan membenci diri sendiri, setelah melihat unggahan foto orang lain di instagram.

Banyaknya konten yang menampilkan gaya hidup impian seperti tempat traveling yang indah, tempat ‘nongkrong’ yang asik, kafe-kafe terkenal, atau sekadar memperlihatkan keharmonisan keluarga serta bentuk tubuh yang ideal, seringkali memberikan dampak yang buruk pada mental seseorang yang bahkan bisa mengarahkan pada rasa rendah diri.

Bagi beberapa orang, foto-foto tersebut seakan merupakan tolak ukur akan kehidupan yang normal dan bahagia, sehingga mereka akan membandingkannya dengan kehidupan mereka. Padahal, kebahagiaan setiap orang bisa ditemukan dengan cara yang berbeda-beda. Parahnya instagramxiety bisa terjadi pada seseorang tanpa perlu dirinya melihat banyak foto. Hanya dengan melihat satu buah foto di instagram saja sudah cukup membuat suasana hati memburuk dan timbul rasa cemas.

 

Apa saja tanda-tanda dari instagramxiety?

Dilansir dari The Sun, ada beberapa tanda seseorang mengalami instagramxiety, di antaranya:

  • Selalu merasa khawatir terhadap setiap unggahan orang lain dan berusaha untuk membandingkannya dengan diri sendiri.
  • Selalu was-was, terutama saat ingin membuka aplikasi.
  • Tidak bisa meninggalkan instagram dalam waktu yang lama.
  • Ketakutan tidak dianggap.
  • Merasa takut jika ada sesuatu hal yang terjadi pada dirinya.
  • Mudah marah.
  • Merasa dirinya jauh dari lingkungan sekitar.
  • Merasa khawatir dengan pandangan orang lain terhadap diri sendiri.
  • Mengalami gangguan tidur.

    Bagaimana bermain Instagram tanpa mengalami instagramxiety?

    Sejak tahun lalu, instagram memang ditetapkan sebagai media sosial paling buruk bagi kesehatan mental, diikuti oleh Youtube dan Twitter. Berdasar laporan dari The Royal Society for Public Health, aplikasi berbasis foto ini bisa menyerang persepsi tubuh ideal, mengganggu tidur, hingga menimbulkan perasaan fear of missing out (FOMO).

     

    Sebuah studi juga menunjukkan bahwa dengan waktu 30 menit melihat unggahan dengan tagar #fitspiration, bisa membuat perempuan merasa buruk terhadap penampilan dan berat badannya. Bahkan, para peneliti memperingatkan, bahwa ini juga bisa memicu gangguan makan.

     

    Salah satu trik untuk menyelamatkan diri dari risiko instagramxiety adalah dengan menemukan cara mengatasinya. Cobalah untuk tidak mengikuti akun-akun yang membuatmu merasa cemas dan membandingkan diri. Sebaliknya, ikutilah akun-akun yang membuatmu tertawa dan terhibur. Untuk lebih baik lagi, hindari membuka aplikasi instagram saat suasana hatimu sedang buruk.

     

    “Bukan berarti harus melarikan diri dari Instagram, tapi cukup dengan lebih selektif memilih akun yang akan terlihat di linimasa kita. Saya biasanya berhenti mengikuti akun yang membuat diri sendiri merasa buruk. Jika ingin, saya bisa follow lagi. Namun, saya rasa, hidup akan lebih mudah jika tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan unggahan orang lain. Lebih bagus juga untuk kesehatan mental,” ujar Jenny Stallard, seorang jurnalis dan penulis buku.

     

    Media sosial seakan sudah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang saat ini. Kamu bisa dengan mudah memperoleh berbagai informasi dari sana. Namun, usahakan untuk tetap bijak dalam menggunakannya. Jangan sampai hal-hal yang ada dalam media sosial memengaruhi pandanganmu terhadap dirimu sendiri, bahkan membuatmu rendah diri.Karena ingat ya, tidak semua hal yang Kamu lihat di sosial media merupakan hal yang sebenarnya, Gengs!

    Sumber : https://www.guesehat.com/instagramxiety-kecemasan-saat-melihat-postingan-instagram?utm_source=viva.co.id&utm_medium=microsite&utm_campaign=guesehat-viva