GARUT, KABARNUSANTARA.ID – MUKAB KADIN Garut Ke VII Sebentar lagi akan dilaksanakan, banyak orang yang silau dan berlomba-lomba ingin memperebutkan kursi kepemimpinan KADIN tersebut, menurut saya Jabatan KADIN untuk saat ini sangatlah berat sekali, yang dimana KADIN adalah sebagai wadah dan wahana informasi, komunikasi, konsultasi, representasi, fasilitasi dan advokasi pengusaha Indonesia dan Pemerintah juga para pengusaha Indonesia dan para pengusaha asing terkait masalah perdagangan, perindustrian dan jasa dalam arti luas yang mencakup seluruh kegiatan ekonomi.

Hal tersebut dilakukan KADIN dalam rangka membentuk iklim usaha yang bersih, transparan, profesional serta mewujudkan sinergi seluruh potensi ekonomi nasional khususnya ekonomi Kabupaten Garut.

Melihat dari sisi fungsi KADIN tersebut di atas apakah calon Ketua KADIN Garut mempuni di bidang tersebut, tentunya menjadi ketua akan sangat berat sekali apalagi sekarang kita di hadapkan dengan situasi ekonomi yang dimana kita terkena perang dagang antara China dan Amerika juga Revolusi Industri 4.0 yang akan berdampak terhadap kehidupan manusia terkait perkembangan teknologi informasi dengan pesat dan terjadi otomotisasi yang terjadi di seluruh bidang teknologi dan pendekatan baru yang menghubungkan secara nyata, digital dan secara fundamental.

Disisi lain Jepang akan memasuki Era Society 5.O yang dimana sistem ini akan mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik dan perlu di ketahui juga angka pengganguran di Kabupaten Garut sangatlah tinggi dan iklim ekonomi Garut masih belum begitu bagus dan terbukti Garut masuk ke dalam kategori daerah yang tertinggal di Provinsi Jabar.

Oleh karena itu, saya berharap yang akan menjadi ketua KADIN sekarang, adalah orang yang memiliki Karakter dan Kompetensi yang Kuat di bidangnya, bukan di jadikan AJANG PEREBUTAN JABATAN BERGENGSI dan mementingkan kepentingan pribadi dan kelompoknya, tetapi harus siap memperjuangkan para pengusaha lokal Garut dari UKM sampai ke tingkat nasional dan internasional, tentunya sangat berat kan menjadi ketua KADIN.

Kalau di lihat calon kuat ketua KADIN Garut ada dua 1. Agus M Alfaz (Pengusaha Kuliner, Pertanian, Kontruksi, penggagas industri kreatif dan Energi)  2. Yudi Nugraha (Pengusaha Batu Akik, Kontruksi dan Kuliner) perlu di ketahui karena Garut masuk dalam kategori daerah Konservasi, jadi peningkatan ekonomi yang sangat cocok untuk di kembangkan perekonomiannya di bidang pertanian, wisata, industri kreatif dan energi, Inshaaallah itu semua bisa mendongkrak pendapatan daerah Kabupaten Garut dengan catatan pemerintah setempat juga harus selalu bersinergi secara intensif dengan KADIN.

Di antara mereka berdua ini siapakah yang berani mempertaruhkan waktu, pikiran, tenaga dan hartanya untuk memperjuangkan agar ekonomi Garut bisa semakin berkembang. Semoga curahan hati ini dalam menetapkan Ketua KADIN tidak salah pilih.

Penulis : Irvan Rivani Faza

  • Direktur PT. Quantum Index Indonesia (PMA Malaysia Bidang Investasi)
  • Komisaris Utama PT. Faza Persada Indonesia
  • Komisaris Utama PT. Rancana Awasi Indonesia

Editor : Slamet Timur