KABARNUSANTARA.ID – Italia mewajibkan penduduknya memakai masker di ruang terbuka di seluruh negeri dalam upaya menahan penyebaran virus corona. Warga Italia juga harus memakai masker di dalam ruangan di mana pun kecuali di rumah pribadi.

Kendati kasus Covid-19 jauh lebih rendah di Italia dibandingkan di banyak negara Eropa lainnya, infeksi terus meningkat.

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte mengatakan tindakan keras diperlukan untuk menghindari kembali diberlakukannya lockdown yang menghancurkan ekonomi.

“Mulai sekarang, masker dan alat pelindung harus dibawa saat kita keluar rumah dan dikenakan. Kita harus memakainya setiap saat kecuali kita berada dalam situasi isolasi terus menerus,” jelasnya, dilansir BBC, Kamis (8/10).

Masker juga harus dikenakan di toko, kantor, transportasi umum, dan di bar serta restoran jika tidak makan di tempat.

Tindakan ini telah diberlakukan di beberapa bagian Italia yang mengalami peningkatan infeksi, seperti Roma, tetapi pengumuman terbaru mengumumkannya secara nasional

Warga Italia menjadi sasaran beberapa tindakan lockdown paling ketat di dunia ketika negara itu menjadi yang pertama di Eropa yang kewalahan oleh virus corona di awal tahun.

Walaupun lebih berhasil mengendalikan virus daripada banyak negara Eropa lainnya dalam beberapa bulan terakhir, kasus dalam 24 jam terakhir telah melonjak melewati angka 3.000 untuk pertama kalinya sejak 24 April, mencatat 3.678 infeksi baru, sebagaimana data dari pelayanana kesehatan.

Italia juga mengambil tindakan pada Rabu untuk membendung jumlah kasus yang datang dari Eropa, mengumumkan tes wajib bagi siapa saja yang telah bepergian dari Inggris, Belanda, Belgia dan Republik Ceko.

Sumber lain : merdeka.com