Jadi Klaster Penyebaran Covid-19 Pabrik & Institusi di Sumsel Hampir Kena Semua

0
101

SUMATRA, KABARNUSANTARA.ID – Menyebarnya virus Covid-19 di Sumatera Selatan saat ini hampir menyebar di seluruh perusahaan swasta dan institusi pemerintah, hal ini menjadi perhatian semua pihak dengan menekankan penerapan protokol kesehatan.

Yusri Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel menyebut, kesimpulan itu berdasarkan hasil pengamatan data dan fakta penularan di lapangan.

Klaster penyebaran virus covid 19 tidak hanya berada di rumah sakit atau tenaga kesehatan melainkan telah menyebar luas ke pabrik maupun pemerintahan dan perbankan.

“Sekarang hampir semua institusi, ada pegawainya positif Covid-19 dan semua tempat sudah jadi klaster penularan dan merata,” ujar Yusri, Senin (20/7/20).

Penambahan klaster baru ini terjadi hampir setiap pekan. Kasus terbanyak berada di tempat pekerja masyarakat sipil. “Pabrik-pabrik juga ada. Nyaris semua tempat sekarang jadi kluster, tertular dari pegawainya yang positif,” jelasnya.

Bahkan ia mengatakan penyebaran klaster baru berdampak pada penambahan kasus terkonfirmasi positif baru setiap hari, saat ini, jumlah kasus Covid-19 di Sumsel mencapai 3.054 orang setelah ada tambahan 42 kasus hari ini.

“Kasus meninggal ada 142 orang dan kasus aktif saat kni masih ada 1.498 pasien,” kata dia.

Yusri menghimbau agar setiap individu yang terpapar Covid-19 bisa jujur sehingga bisa ditangani hingga sembuh dan tentunya tidak berdampak pada penularan.

Sebabnya, mayoritas penderita Covid-19 di provinsi itu berstatus orang tanpa gejala.

“Corona ini bukan aib atau yang memalukan, makanya harus ada kejujuran, jangan malu atau minder. Itu salah satu cara mencegah penularan selain penerapan protokol kesehatan,” ptutupnya.

Reporter : Hilman

Editor : AMK