Jet Tempur Hawk Milik TNI AU Jatuh di Riau, Berikut Spesifikasinya

0
139

RIAU, KABARNUSNATARA.ID – Sebuah Jet Tempur Hawk 200 milik TNI Angkatan Udara jatuh di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Dari data yang di release laman resmi TNI AU, Pesawat Hawk itu merupakan sebuah pesawat jet latih interim untuk pesawat tempur jet generasi 4 setingkat F-16 dan F-15.

Pesawat ini dilengkapi dengan radar modern APG-66 dan rudal AIM-9 Sidewinder, hawk Mk 109/209 merupakan kode untuk Hawker-Siddeley Hawk yang diekspor ke Indonesia.

Bahkan pesawat ini mulai melengkapi jajaran jet TNI AU sejak 1997, TNI AU juga pernah membeli sejumlah Hawk Mk 53 pada 1980-an. Hawk Mk 209 merupakan varian single seater dari keluarga Hawk.

Pesawat jet ini dibuat khusus untuk mengemban misi air superiority dan ground attack.

Selain Negara Indonesia, Negara Malaysia juga memiliki sejumlah Hawk Mk 108/208 yang merupakan varian Hawk pertama yang bisa melakukan in-flight refuelling.

Dilaporkan sebelumnya, hawk 200 jatuhnya di area pemukiman warga. Berdasarkan laporan TVRI, lokasi kejadian berada sekitar 5 kilometer dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadi, Riau. Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 8.13 WIB.

Pesawat Hawk Lettu Ismail dilaporkan selamat setelah menggunakan kursi pelontar sebelum pesawat jatuh.

Penerbang langsung dilarikan ke rumah sakit Angkatan Udara setempat untuk mendapatkan penanganan intensif.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari Angkatan Udara terkait peristiwa ini. Sementara itu, berdasarkan keterangan warga, pesawat ini mengenai dua rumah warga.

Reporter : Hilman

Editor : AMK