JAKARTA|KABARNUSANTARA.ID – Presiden Terpilih Joko Widodo mulai dibanjiri uacapan selamat dari sejumlah kepala negara/pemerintahan dari negara-negara sahabat, usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan pemenang Pemilu 2019 pada Selasa (21/5/2019) lalu).

Perdana Menteri Australia Scott Morrison memberian ucapan selamat kepada Jokowi melalui akun Twitter @ScottMorrisonMP. Dalam pernyataannya di akun tersebut, Morisson mengatakan, Indonesia adalah salah satu mitra strategis bagi Australia.

“Kami berharap dapat memperdalam hubungan antara Australia dan Indonesia untuk kepentingan bersama,” tulis dia.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald J. Trump juga telah menyampaikan ucapan selamat kepada Joko Widodo. Lewat suratnya yang dirilis Kedutaan Besar RI di Washington DC, Trump menyampaikan komitmennya untuk terus memperkuat hubungan bilateral Indonesia-AS.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi melalui surat. Surat tertangga 21 Mei 2019 (Waktu Kremlin), menyatakan, Jokowi bisa terus meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang dan kemitraan multilateral dalam menyelesaikan masalah-masalah aktual di kawasan Asia-Pasifik.

Ucapan selamat juga datang dari Presiden China Xi Jinping. Ia mengirimkan pesan berisi ucapan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden RI. Ia juga menyatakan, kemitraan China dengan Indonesia dalam Sabuk Jalan (Belt and Road) di segala bidang menunjukkan pencapaian yang luar biasa.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan keyakinannya, di bawah Presiden Joko Widoodo, hubungan Indonesia – Turki akan semakin kuat.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, melalui sambungan telepon, Rabu, menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden RI.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi dan berharap rakyat Indonesia semakin sukses di bawah kepemimpinan Jokowi.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan pesan ucapan selamat kepada Joko Widodo sembari menyampaikan harapan untuk dapat bekerja sama guna memperkokoh hubungan antara kedua negara.

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengirimkan telegram yang berisi ucapan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia.

“Semoga rakyat Indonesia semakin maju dan makmur,” ujar Raja Salman.

Jokwi pun telah menerima ucapan selamat dari Perdana Menteri Singapura Lee Hsien-long dan Presiden Singapura Halimah Yacob, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong.

Reporter : RM
Editor : Mustika