JAKARTA, KABARNUSANTARA.ID – Rapat penanganan virus Corona (COVID-19) dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) kembali dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menekankan pentingnya gas dan rem dalam penanganan Corona dan pemulihan ekonomi.

Disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (24/8/20), rapat terbatas dimulai sekitar pukul 10.45 WIB. Saat memberikan pengantar, Jokowi mengenakan masker berwarna hitam sembari melihat data pada tabletnya.

Jokowi mengingatkan kepada Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk mengingatkan satuan tugas di daerah bekerja keras menangani virus Corona dan pemulihan ekonomi. Jokowi meminta ‘gas dan rem’ di daerah dengan tepat.

“Saya tekankan beberapa hal agar komite, utamanya Mendagri mengingatkan kembali pada satgas daerah, gubernur, bupati, wali kota, agar betul-betul serius dan kerja keras dalam rangka penanganan Covid ini, terutama strategis mengimbangkan gas dan rem untuk mengangani Covid dan ekonomi dengan takaran tepat,” ucap Jokowi.

Jokowi sebutkan, peningkatan kembali kasus virus Corona di beberapa negara di Eropa dan Asia. Hal inil menjadi perhatian Jokowi dalam penanganan virus Corona.

“Ada tingkatan kasus besar di negara-negara Eropa, terakhir Spanyol, Perancis, Jerman, di Asia ada India, Filipina, Iran, Bangladesh, Nepal, Korea Selatan. Perlu diwaspadai sehingga tidak kehilangan kendali atas manajemen yang ada dalam menangani, utamanya di daerah atau di pusat,” ujar Jokowi