FASHION, KABARNUSANTARA.ID – Pada kamis, 27 Agustus 2020. Desainer Barli Asmara menghembuskan napas terakhirnya. Kepergiannya sangat mengejutkan banyak pihak, baik keluarga, kolega, maupun para penikmat fesyen yang mencintai karyanya.

Lelaki kelahiran Bandung, 3 Maret 1978, itu diketahui sempat masuk ICU di sebuah rumah sakit di Bali. Kabar sakitnya pemilik label Barli Asmara tersebut didengar setelah Idul Adha 2020 lalu.

Sehari setelah kematiannya, jenazah anggota Ikatan Perancang Muda Indonesia (IPMI) itu dimakamkan di sebuah TPU di Bali. Selama beberapa waktu terakhir ini Pulau Dewata menjadi kediaman Barli.

Salah satu staf Barli Asmara, Andra Saad menyampaikan bahwa Barli Asmara di makamkan di salah satu TPU di Bali sekitar jam 9.

“Berdasarkan informasi yang saya dapat, Kak barli sudah di makamkan di salah satu TPU di Bali. Sekitar jam 9 kurang,” ujarnya, Jumat (27/08/20).

Andra Saad juga mengatakan pemakaman dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat almarhum.

“Untuk alasan mengapa di Bali karena memang sesuai prosedur terkait penerbangan yang terbatas akibat wabah Covid-19. Jadi, karena meninggal di Bali, diputuskan untuk dimakamkan di Bali juga,” tambahnya.

Kepergian Barli Asmara untuk selamanya berjarak hanya beberapa pekan setelah meluncurkan koleksi bertajuk “Unchained”. Barli Asmara lewat sebuah unggahan di akun Instagramnya mengumumkan karya terbaaru dalam bentuk ready-to-wear yang liris pada 7 Agustus 2020.

Sementara itu, Kontak terakhir Ai Syarif rekan sesama desainernya dengan pemenang The Best Choice Dewi Knights itu menanyakan tentang kesehatan.

“Terakhir enam bulan lalu tanya Barli, sehat apa ngga?” ujarnya.

Ia mengaku kaget mendengar kabar meninggalnya Barli, apalagi ia mengaku mengenal desainer berusia 42 tahun itu sejak merintis karier dari nol. Menurut Ai, Barli tak pernah segan meminta saran dan kritik. Ia juga terkenal ramah pada semua orang.

“Dia selalu ramah dan tersenyum pada semua orang. Kaget saya tiba-tiba ada begitu (meninggal),” ujarnya.

Sejumlah pesohor dan rekan dekat sang desainer sebelumnya menyampaikan keterkejutan mereka atas kepergian Barli Asmara. Mereka tak percaya bila pria berkacamata itu pergi dalam usia relatif muda dan masih produktif berkarya. Staf Barli bahkan mengakui bahwa Barli sudah menyiapkan koleksi hingga lebaran tahun depan.

Selamat Jalan Barli Asmara..