Kabupaten Bandung Kembali Dikepung Banjir, 37 Ribu Jiwa Terdampak, Sejumlah Jalan Terputus

1
149

BANDUNG|KABARNUSANTARA.ID – Sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung terendam banjir menyusul hujan deras yang mengguyur daerah itu sejak Rabu (3/4/2019) malam hingga Kamis (4/4/2019) subuh. Puluhan ribu warga terdampak bahkan mengungsi dan sejumlah jalan terputus.

Wilayah yang terendam banjir di antaranya Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Majalaya, Ibun, dan Banjaran dengaan ketinggian air antara 30 cm-1,50 meter.

Hingga Kamis siang ini, sejumlah jalan masih terputus dan ratusan rumah masih dikosongkan.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Sudrajat, banjir lebih disebabkan olehluapan air Sungai Citarum dan Cikapundung.

“Banjir dominan akibat luapan Sungai Cikapundung dan Citarum,” kata Sudrajat kepada para wartawan di sela-sela pendataan dan pemantaun dampak banjir tadi pagi.

Baca juga :

Hari Ini Bawaslu Garut Undang Mantan Kapolsek Pasirwangi untuk Didengar Keterangannya

Bayi yang Dikubur Hidup-hidup di Purwakarta Semakin Kritis. Netizen : Ya Allah Selamatkanlah

BPBD Kabupaten Bandung mencatat, sekitar 37.731 jiwa yang berasal dari 14.029 keluarga terdampak banjir. Meskipun tak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Pihak Pemkab Bandung sudah menyiapkan sejumlah tempat untuk menampung para pengungsi.

Sudrajat menambahkan, akibat genangan air ada sejumlah jalan yang tak bisa dilalui, di antaranya Jalan Raya Dayeuhkolot-Banjaran, Jalan Andir-Bojongmalaka, Jalan Anggadireja dan yang lainnya.

Reporter : RM

Editor : Mustika