KABARNUSANTARA.ID- Sebagai persiapan kemungkinan dimulainya belajar tatap muka  pada Januari 2021 nanti, sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, Pemkab Garut sudah menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan di 100 sekolah untuk semua tingkatan.

” Yang namanya protokol kesehatan kita persiapkan, untuk pasilitas di sekolahnya, sosialisasi kita lakukan kepada guru, kepada murid. Sedangkan untuk  nanti, kita lihat situasi dan kondisi di bulan pembukaan di awal-awal,” kata Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, Senin (23/11/2020).

Meski demikian, lanjut Helmi, Pemkab Garut ada kekhawatiran, jika sekolah, atau belajar tatap muka dilaksanakan sebelum adanya vaksin.

” Saya sudah bicara dengan Pak Bupati,  kalau dilaksanakan sebelum ada vaksin memang kita sangat berat. Karena jumlah murid di kita ada 500 ribu, kebayang kalau ada satu persen saja yang kena (terpapar Covid 19) berapa yang harus kita rawat, berapa yang harus kita tanggulangi. Jadi memang kalau dilihat kondisi hari ini berat, tapi teru kita lakukan evaluasi,” tutur Helmi.

Karenanya sambung Wakil Bupati, Pemkab Garut berharap vaksin Covid 19 akan sudah tersedia sebelum kegiatan belajar mengajar di sekolah kembali dibuka.

” Kalau kata Pak Menteri, yang bisa itu yang zona hijau. Nah yang zona hijau itu kita tidak tahu ada berapa, kan beubah ubah, hijau kuning, kuning hijau, dalam sehari saja bisa berubah,” Pungkasnya. (Asep Sudrajat).