BANDUNG|KABARNUSANTARA.ID – Tiga titik potensi kemacetan yang berada di jalur mudik/balik di wilayah Kabupaten Garut, menjadi perhatian serius Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat. Ketiga titik tersebut adalah Leles, Kadungora dan Malangbong.

“Leles, Kadungora dan Malangbong menjadi titik perhatian rawan macet dalam arus mudik/balik Lebaran 2019 untuk jalur tengah,” kata Kepala Dishub (Kadishub) Jawa Barat, Hery Antasari, kepada para wartawan di kantor Dishub Jabar, Selasa (28/5/2019).

Baca juga:

Lima Korban Penyimpangan Seks Asal Garut, Dipulihkan di LPKS Pangandaran

Menurut Hery, kemacetan di daerah itu lebih disebabkan oleh aktivitas lokal.

Aktivitas lokal yang dimaksud Hery di antaranya adanya kegiatan pasar tumpah, pertemuan keluar masuk kendaraan antara jalur arteri dan jalur utama, dan sebagainya.

Sementara itu, jalur arus mudik/balik yang rawan bencana alam, menurut Heri, merata untuk seluruh Jabar baik tengah sampai Selatan.

Baca juga:

Kurangi Tumpukan Sampah Plastik, KPLH Lentera Bagikan Takjil Berbungkus Daun Pisang

Untuk jalur rawan di daerah tengah, di antaranya mulai dari Bogor Puncak ke Majalengka, hingga Malangbong. Sedangkan jalur selatan, ada dari Sukabumi Selatan hingga Cianjur Selatan, Garut Selatan dan daerah Selatan lainnya.

“Kondisi topografi Jabar yang bergunung dan berbukit, menjadi kerawanan tersendiri,” ujarya.

Sementara itu, potensi kemacetan di jalur utara Heri menyebut ada sekitar 21 titik yang semuanya berupa pasar. Titik itu memanjang sejak Karawang sampai ke Cirebon.

Reporter RM
Editor Mustika