BANTEN, KABARNUSANTARA.ID – Kapolda Banten Irjen Fiandar turun langsung ke lapangan untuk meninjau sejumlah titik yang dijaga oleh anggotanya untuk melakukan pengamanan massa yang akan menggelar aksi terkait pengesahan RUU Cipta Kerja.

Diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang (UU) pada Senin (5/10) kemarin.

“Hari ini saya melakukan peninjauan langsung ke lapangan terkait pelayanan pengamanan Polda Banten dan Polres Jajaran yang dibantu oleh teman-teman TNI dan Dinas terkait,” kata Fiandar, Selasa (6/10).

Dalam melakukan pengamanan tersebut, para petugas gabungan ini tetap mengedepankan cara yang humanis dan melakukan tindakan secara persuasif dalam menangani aksi buruh.

“Demi kelancaran pengamanan aksi damai buruh yang di kendalikan oleh para Kapolres jajaran dan dibantu oleh para pejabat utama Polda Banten serta personil Polda Banten, untuk memback up kegiatan pelayanan pengamanan ini,” ujarnya.

Polisi juga tetap memperhatikan protokol kesehatan pada saat mengamankan aksi buruh tersebut.

“Tugas pelayanan pengamanan secara sinergis, bersama-sama dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, persuasif, simpatik dan humanis dalam pengamanan aksi damai buruh,” ucapnya.

Ia mengatakan, sejumlah titik yang dijaga atau dilakukan pengamanan oleh pihaknya yakni seperti di Cikupa Tangerang, Cikande Serang dan Kawasan Sub Sektor Grogol Cilegon Banten.

“Kita juga melakukan sambang dialogis, membagikan masker kepada teman-teman buruh yang melaksanakan aksi, dengan melakukan imbauan untuk selalu mengutamakan protokol kesehatan dan mencegah kegiatan yang dapat merugikan masyarakat lainnya,” sebutnya.

“Dimana patroli dialogis tersebut kita lakukan bertujuan untuk mengimbau teman-teman buruh untuk menjaga kamtib masyarakat dan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini,” sambungnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengimbau kepada para buruh agar selalu mematuhi protokol kesehatan yang di anjurkan oleh aparat keamanan gabungan Polri dan TNI.

“Terkait adanya aksi damai yang akan dilakukan oleh buruh pada hari ini, saya mengimbau kepada teman-teman buruh yang mengikuti aksi, agar selalu memperhatikan aspek keamanan, ketertiban dan mematuhi protokol kesehatan yang dimana tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19,” ujar Edy Sumardi.

“Dan alangkah baiknya agar para buruh untuk waspada, mengingat di masa pandemi Covid-19 ini masih banyak tingkat penularan,” tutupnya.

Sumber lain : merdeka.com