Kasus Positif Covid 19 Garut Bertambah Lagi 2 Orang Ini Data Lengkapnya

0
2911

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut, Jawa Barat hari ini Selasa, 21 Juli 2020 Pukul 17.30 WIB. Ada penambahan laporan kasus ODP sebanyak 9 orang, yaitu 2 orang dari Kecamatan Karangpawitan, 1 orang dari Kecamatan Wanaraja, 1 orang dari Kecamatan Tarogong Kidul, 1 orang dari Kecamatan Pasirwangi, 1 orang dari Kecamatan Kadungora, 2 orang dari Kecamatan Kersamanah, dan 1 orang dari Kecamatan Bayongbong;

“Terdapat penambahan kasus konfirmasi positif covid-19 sebanyak 2 orang, yaitu seorang laki-laki (KC-29), usia 42 tahun, asal Kecamatan Leuwigoong, dan seorang laki-laki (KC-30), usia 36 tahun, asal Kecamatan Tarogong Kidul yang merupakan kasus konfirmasi tanpa gejala (asimtomatis) dan dilakukan Isolasi Mandiri,” ujar Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Garut, Yeni Yunita, S.E, M.Si.

Berdasarkan Pedoman Terbaru dari Kementerian Kesehatan RI kasus dengan konfirmasi positif tanpa gejala dilakukan isolasi mandiri selama 10 hari.

Selain itu total kasus Covid-19 (OTG, ODP, PDP dan Konfirmasi +) sampai hari ini sebanyak 5141 kasus, terdiri dari OTG : 2254 orang, dimana 446 masih dalam tahap observasi dan 1808 selesai masa observasi tanpa ada kasus kematian.

“ODP ini 2.773 kasus (36 kasus masih pemantauan, 6 dalam perawatan, dan 2.731 selesai pemantauan dimana 15 diantaranya meninggal, PDP 84 kasus (0 kasus sedang dalam perawatan dan 84 kasus selesai pengawasan dimana 18 diantaranya meninggal),” ujarnya.

Konfirmasi Positif 30 kasus, terdiri dari 1 orang isolasi mandiri, 1 orang dalam perawatan, 25 orang dinyatakan sembuh, dan 3 orang meninggal.

“COVID-19 merupakan penyakit yang tingkat penularannya cukup tinggi, sehingga perlu upaya pencegahan untuk melindungi kesehatan masyarakat dengan melibatkan semua unsur yang ada di masyarakat, baik pemerintah, dunia usaha serta komponen masyarakat lainnya. Salah satu upaya melalui penyediaan sarana cuci tangan pakai sabun yang mudah diakses pada tempat dan fasilitas umu,” jelasnya.

Ia juga menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kondisi kesehatan di tengah pandemi covid-19 ini dengan menjalakan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) diantaranya sering mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menghindari kerumunan serta menghindari kontak fisik seperti jabat tangan dan lainnya.

Reporter : MD Sumarna
Editor : AMK