SURABAYA, KABARNUSANTARA.ID. – Kebakaran ilalang terjadi di lahan kosong kawasan Pergudangan Margomulyo Dumar Blok H No 14-15, Surabaya, Sabtu (12/9/20). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 09.39 WIB, ini merembet ke lahan parkir di sebelahnya dan menyambar beberapa truk tangki kosong. Akibatnya, 6 tangki truk hangus terbakar.

Sempat terdengar suara ledakan saat api menghanguskan 6 truk tangki tersebut. Lahan parkir itu disewa PT Lakban Surya Samudera.

“Iya enam truk terbakar dan sempat terdengar suara ledakan dari truk tangki,” kata Kepala Dinas PMK Surabaya, Dedik Irianto di lokasi, Sabtu (12/9/20).

Api berhasil dilokalisir, tambah Dedik, setelah 2 jam melakukan pemadaman. Ada 17 mobil PMK yang datang di lokasi, Puluhan petugas damkar langsung berusaha memadamkan api. Bahkan satu mobil sky lift bronto juga dikerahkan untuk melokalisir api yang membakar mulai pukul 09.39 WIB. Api berhasil dikuasai sekitar pukul 12.15 WIB.

“Tadi kita dapat laporan jam 09.39 WIB. Saat petugas datang, truk tiba-tiba meledak. Sebenarnya itu truk tangki isinya kosong. Ledakan itu menurut orang sekitar, karena ada sisa-sisa gas yang ada di tangki,” jelasnya.

“Kita duga berawal dari orang yang membakar ilalang di sekitar lahan parkiran truk ini. Akhirnya merembet dan menyebabkan truk terbakar dan sempat meledak,” tambah Dedik.