Kemarau Panjang, 2 Hektar Kebun Warga Terbakar

0
102

GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Tanah kebun milik masyarakat seluas kurang lebih 2 hektar di RW 08 Babakan Cau Desa Wanakerta Kecamatan Cibatu, Rabu (4/9/2019) malam terbakar akibat musim kemarau berkepanjangan yang saat ini melanda hampir seluruh wilayah Kabupaten Garut.

Baca Juga: Ini Alasan PDAM Garut Soal Seringnya Gangguan Pelayanan

Kepala Desa Wanakerta, Sunarkawan yang ditemui Rabu (4/9/2019) malam mengungkapkan, pihaknya menerima laporan kebakaran lahan kebun warga dan langsung bergerak bersama masyarakat dan personel Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) berupaya melakukan pemadaman.

Kebun warga yang terbakar sendiri, cukup jauh dari pemukiman warga. Tumbuhan ilalang kering akibat kemarau panjang, membuat api dengan mudah menyebar. Menurut Sunarkawan, kebakaran lahan tersebut pertama diketahui terjadi pukul 20.00.

Baca Juga: Ancam Anggota Koramil Dengan Golok, Pemuda Mabuk Diamankan Polisi

Mengetahui ada lahan hutan yang terbakar, pihak desa pun melaporkan kejadian tersebut ke pihak Kecamatan Cibatu dan BPBD Kabupaten Garut serta Dinas Pemadam Kebakaran. Tidak lama kemudian, petugas BPBD dan Pemadam Kebakaran pun turun ke lapangan bersama aparat Muspika membantu upaya pemadaman kebakaran lahan tersebut.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama dengan masyarakat dan aparat gabungan, api sudah bisa dipadamkan tidak lama kemudian,” jelas Sunarkawan yang juga Ketua Apdesi Kecamatan Cibatu, Rabu (4/9/2019) malam. (*)

Baca Juga: 112 PNS di Garut Terjaring Operasi Patuh Lodaya

Reporter: Ukas Budiman

Editor: AMK