Kemendikbud Ingatkan Berbagi dan Belajar Saat Masuk Sekolah dalam Pandemi

0
138

JAKARTA, KABARNUSNATARA.ID – Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021 yang dimulai 13 Juli mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melunculkan metoda Seri Webinar Guru Belajar Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi.

Webinar merupakan kependekan dari web seminar atau seminar yang diselenggarakan secara daring, dalam webinarnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memanfaatkan kanal Youtube melalu chanel Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan.

Iwan Syahrir Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, mengharapkan melalui rangkaian seminar online ini dapat menjadi arena menghimpun energi positif dengan tetap berdaya dan memberdayakan sesama pendidik di tengah pandemi Covid-19.

“Kuncinya adalah berbagi dan belajar. Dua kata ini saling berkaitan erat dengan nilai luhur bangsa yaitu gotong royong,” jelas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Iwan Syahrir dilansir dari bisnis.com, Selasa (30/6/20).

Selain itu Iwan menjelaskan jika konsep berbagi tersebut sejalan dengan Merdeka Belajar yang diterapkan di masa sekarang dan terakselerasi.

“Fokus GTK adalah menciptakan sekolah sebagai tempat terjadinya inovasi, berbasis kepada murid, serta dapat mencapai pembelajaran yang baik untuk mewujudkan profil Pelajar pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, mandiri, kreatif, berkebhinekaan global, gotong royong, serta kritis,” ujar Iwan.

Diharapkan sekolah dapat menghasilkan pembelajaran yang holistik dengan menggabungkan antara pengetahuan, sisi afektif, kemauan, serta fisik yang tumbuh, dan berkembang secara utuh bersama-sama.

Iwan berharap, webinar ini merupakan upaya terbaik yang membawa banyak kebaikan dan keberkahan untuk seluruh masyarakat di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Karena selama satu bulan, tenaga pendidik di Tanah Air akan belajar bersama, dan berbagi tantangan agar bisa dihadapi bersama.

Reporter : Andi