Keuatamaan Puasa dan Doa di Hari Senin

0
126

ISLAMI, KABARNUSANTARA.ID – Hari Senin mungkin menjadi hari yang sangat dinantikan banyak orang.

Senin merupakan hari pertama bagi manusia untuk mengawali pekan berikutnya. Setelah mendapatkan waktu istirahat atau hari libur pada Sabtu dan Minggu.

Hari Senin merupakan hari yang mempunyai keberkahan serta keutamaan berupa dibukanya pintu-pintu surga.

Sementara itu, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,”Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.”

Dengan melihat keutamaan hari Senin tersebut, maka baiknya bagi kita untuk memanjatkan doa. Dikutip dari laman resmi NU Online, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Anas bin Malik RA, disebutkan bahwa Rasulullah SAW meminta perlindungan kepada Alloh SWT agar dihindarkan dari rasa malas.

Maka beliau membaca doa:

 اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

“Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli”

Artinya,”Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.”

Hadis lain mengatakan bahwa amalan manusia akan diperiksa di hadapan Allah SWT pada setiap pekan dua kali, yaitu ketika hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan (Muslim).

Selain beberapa keutamaan itu, pada hari Senin serta Kamis juga dianjurkan untuk melakukan puasa sunah.

Dalam sebuah hadis yang dinukil dari Aisyah RA menyebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis. (*)

Penulis : Ade Indra

Editor : AMK