Kisah Uun Samsa Pencipta Lagu Api Unggun Yang Luput Perhatian Pemerintah

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Lagu sebelum penyalaan api unggun merupakan salah satu lagu pramuka yang bisa dinyanyikan menjelang prosesi penyalaan api unggun dalam upacara api unggun di Gerakan Pramuka. Lagu ini berjudul “Permintaan Api Unggun” yang diciptakan oleh Uun Samsa asal Limbangan Garut, Minggu (27/10/19).

Pada saat di temui tim kabarnusantara.id baru-baru ini Uun mengungkapkan masyarakat indonesia banyak yang belum tahu jika lagu api unggun merupakan karya cipta dirinya.

“Pada tahun 1978 saya menciptakan Lagu permintaan api unggun ini, banyak di pramuka yang belum tahu, ada dua lagu saat api unggun yaitu sebelum dan sedang api unggun dilaksanakan. Lagu yang sebelum api unggun adalah berjudul lagu pramuka permohonan Api unggun, yang kedua yang biasa dinyanyikan yakni lagu berjudul Api Menyala” tutur Uun.

Selain itu Uun juga berharap mendapat apresiasi dari Pemerintah daerah Bupati Garut Rudy Gunawan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Presiden Jokowi, selaku pimpinan atas karya nya.

“Ya Saya berharap lagu ciptaan saya, di apresiasi dari beliau selaku mabinas, mabida dan mabicab di pramuka, ya mudah-mudahan kita bisa duduk bersama” tutur Uun.

Sementara itu saat di konfirmasi pemilik Lemons studio Icenx menuturkan, bahwa 8 tahun yang lalu Uun sempat rekaman di studio yang berlamaat di Kecamatan Cibatu Garut.

“Memang yang menciptakan lagu permintaan api unggung ini adalah pak Uun, beliau datang ke studio saya meminta untuk di rekam karya nya itu, beliau bercerita bahwa karya nya sudah tersebar di youtube banyk yang meng cover lagunya, dan mereka tidak tau bahwa pak uun penciptanya” tutur Icenx

Sebagai sesama seniman Icenx berharap semoga karya Uun bisa di apresiasi oleh siapapun apalagi karya Uun ini untuk indonesia, dan selalu di bawakan ketika di pramuka, ketika menyalakan api unggun.

Reporter : Ukas Budiman
Editor : Slamet Timur

Post Author: Kabar Nusantara

Media www.kabarnusantara.id adalah media siber indonesia yang memberikan informasi terpercaya untuk khalayak menjadi penyambung lidah antara masyarakat dan penguasa serta unsur lainnya | PT. USPA MEDIA NUSANTARA

Tinggalkan Balasan