Komandan Kopaskhas TNI AU Nilai Haruman Jingga Tempat Latihan Terbaik

0
203

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Komandan Kopaskhas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Marsekal Muda Eris Widodo Yuliastono melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut, Jumat (28/02/2020).

Ie bertemu dengan Bupati Garut Rudy Gunawan di Gedung Pendopo dalam rangka tindak lanjut mengenai Planing Haruman Jingga.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Korpaskhas TNI AU yang telah membuatkan membangun pembukaan jalan baru ke Haruman Jingga.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Korpaskas TNI AU yang telah membuat dan membangun pembukaan jalan baru ke Haruman Jingga” ujar Rudy.

Dikatakan Rudy, Garut ini mempunyai tempat lokasi olah raga aero sport untuk tingkat nasional dan internasional.

Pemkab Garut akan memfasilitasi apa yang disampaikan pada waktu pembukaan Haruman Jingga.

“Disini ada Kadis PUPR dan Kabidnya, supaya di hitung anggarannya untuk jalan ke Haruman Jingga, jangan sampai dibilang bagus tapi nyatanya jelek,” kata Rudy.

Sebagai penunjang diantaranya sepanjang jalan akan ditanami dengan tanaman hijau, sengaja dengan menghadirkan Sekretaris Dinas Pertanian, yang akan merancang untuk penanaman.

“Saya juga akan berkoordinasi dengan PLN agar listrik segera menyala ke haruman Jingga. untuk akses jalan saya akan anggarankan maksimal tahun depan sudah masuk, untuk bidang pariwisata saya akan dorong terus dengan kepala Disparbud mengenai Haruman Jingga” beber Bupati Garut.

Sementara Komandan Kopaskhas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Marsekal Muda Eris Widodo Yuliastono menuturkan, ini merupakan langkah dari TNI AU berpartisipasi dalam olahraga Aero sport.

“jadi dengan menggunakan ketinggian yang dinamakan Haruman Jingga, tempat ini akan menjadi pusat pelatihan paralayang dan gantole,” ucapnya.

Dilanjutkan Dankorpaskhas, karena areanya ini adalah milik Pemkab Garut, sehingga untuk pengembangan kedepan bukan hanya sebagai tempat pelatihan aero sport saja, tetapi akan menjadi destinasi pariwisata di Kabupaten Garut.

“Kita akan bikin teater dengan perkemahan edukasi, dan ini semua harus dibicarakan secara komprehensif dengan Pemkab Garut,” tuturnya.

Eris mengaku, Pemkab Garut sangat merespon dan mendukung, karena akan menarik para wisatawan. Serta bisa meningkatkan perekonomian diwilayah sekitar pegunungan tersebut.

“Sekarang ini sudah disiapkan areanya ada lima belas hektar, tapi masih dalam taraf awal sekali, sehingga pak Bupati merencanakan akan meningkatkan kualitas areal tersebut menjadi tempat yang siap dikunjungi,” terangnya.

Dankorpaskhas menilai, Haruman Jingga untuk di wilayah Jawa Barat ini bisa dibilang tempat latihan paling bagus, karena mulai dari pendaratan sampai dengan nanti take off landing bisa langsung di fasilitasi dengan kendaraan.

” Sehingga setelah dia landing hanya jalan setapak, kalau sekarang di Haruman Jingga ini sudah membuat jalan menuju ke atas, ini berkat bantuan dari Bupati Garut,” pungkasnya.

Sementara Aslog Korpaskhas kolonel Tek Yudi Yuliadi, mengatakan bupati Garut juga akan merealisasikan sesuai apa yang dijanjikan. Seperti air dan listrik.

Menurutnya, untuk tahap awal tentunya beliau tadi disampaikan tim dari beliau akan segera mengelaksanakan evaluasi di tempat.

“kemudian akan segera menggunakan anggaran yang ada dulu untuk melaksanakan kegiatan diantaranya pengerasan jalan, berikut listrik dan air bersih,” pungkasnya. (*)

Reporter : MD Sumarna
Editor : AMK