Lagi PSBB, 5 Makanan Ini Bisa Dimasak dengan Rice Cooker

0
101

KULINER, KABARNUSANTARA.ID – Di tengah pandemi Covid-19 ini, pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di sejumlah daerah di Indonesia.

Buat kamu yang lagi PSBB, supaya gak bosen makan yang itu-itu saja, berikut Kabarnusantara.id kasih info 5 makanan sederhana yang bisa kamu masak pakai Rice cooker ala anak kosan.

Mac and Cheese

Mac and Cheese atau makaroni keju merupakan makanan lezat yang disukai remaja kekinian.

Buat bikinnya gampang kok. Bahan yang Anda butuhkan adalah makaroni, keju, susu, bumbu penyedap, bawang putih, mentega, dan air mineral.

Pertama, rebus air dalam rice cooker hingga mendidih, kemudian masukkan makaroni, tunggu hingga makaroni matang, tiriskan.

Kedua, cuci terlebih dahulu panci rice cooker tunggu hingga ia kering, kemudian panaskan lagi di dalam mesin rice cooker.

Ketiga, panaskan mentega, masukkan irisan bawang putih sesuai selera, direkomendasikan hanya setengah siung bila untuk penyajian satu porsi, tuangkan susu cair 250 mili liter untuk satu porsi, dan masukan irisan keju, aduk hingga semua bahan tercampur.

Lalu masukkan makaroni, matikan rice cooker. Aduk hingga bumbu keju merata. Mac and Cheese siap disantap.

Omelet

Telur menjadi salah satu makanan wajib saat kamu PSBB. Buat bikin omelet pun gak susah kok.

Siapkan dua butir telur, kocok hingga putih dan kuning telur menyatu, masukkan bumbu penyedap, masukkan irisan tomat dan daun bawang.

Nyalakan rice cooker, lelehkan mentega, masukkan telur tunggu hingga matang, Omelet siap dihidangkan.

Bubur Manado

Hidangan yang juga disebut tinutuan ini bisa dibuat dengan penanak nasi atau rice cooker.

Bahan, siapkan beras, potongan jagung, labu kuning, kemangi, kangkung, daun bawang, serai dan daun bawang.

Cara memasak, masukkan beras yang sudah dicuci terlebih dahulu, kemudian masukkan sayuran serta air kedalam rice cooker.

Kemudian, tumis bawang putih dengan lada, dan bumbu kaldu. Masukkan tumisan tersebut ke dalam bubur yang masih setengah matang.

Masak hingga matang, Anda bisa menambahkan ikan asin dan sambal sebagai pelengkap Bubur Manado.

Sup Ayam

Kalau kamu bosan dengan hidangan telur, sup ayam bisa jadi pilihan.

Siapkan bahan seperti ayam, kol, wortel, kentang, seledri, daun bawang, bawang putih, lada, dan bumbu penyedap rasa. Cuci semua bahan, potong kecil-kecil sayuran.

Panaskan rice cooker, tuangkan sedikit minyak, tuangkan air secukupnya, masukkan semua bahan dan bumbu yang telah disiapka, tunggu hingga matang. Sup Ayam siap disantap.

Nasi KFC

Penanak nasi juga dapat dimanfaatkan untuk membuat resep yang tengah viral dari Jepang, yakni memasak nasi dengan ayam KFC.

Siapkan beras dan air seperti biasa, lalu masukkan ayam ke dalam penanak nasi, bersamaan dengan beras.

Tunggu hingga matang, bila ingin mendapatkan rasa yang lebih gurih, Anda bisa menambahkan kecap asin, kaldu ayam, serta bawang putih saat nasi masih menjadi beras di dalam rice cooker.

Nah PSBB mu kini jadi menyenangkan dengan menu makanan kekinian yang bisa dimasak dengan Rice Cooker. (*)

Penulis : Ade Indra