OLAHRAGA, KABARNUSANTARA.ID – Liga 1 2020 resmi akan dimulai, Sabtu (29/2/2020). Uniknya di laga pembuka tidak mempertemukan Bali United juara Liga 1 209 dan Persik Kediri juara Liga 2 2019.

Melainkan Persebaya Surabaya Vs Persik Kediri di stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Dalam keterangan yang diterima, Rabu (5/2/2020) Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Sumantri mengatakan, laga pembuka sejatinya akan mempertemukan Bali United sebagai juara bertahan Liga 1 dengan Persik Kediri juara Liga 2 sebagai bentuk penghormatan terhadap kedua tim.

Namun, rencana tersebut urung terjadi, karena Bali United tidak bisa menggelar laga pada tanggal tersebut. Hal ini dikarenakan jadwal Serdadu Tridatu berbenturan dengan agenda Piala AFC 2020.

“Awalnya, kami sudah mempertimbangkan, agar Bali United sebagai juara Liga 1 2019 menghadapi juara Liga 2 2019 Persik Kediri sebagai penghargaan kepada kedua klub. Tetapi, Bali United tidak siap,” kata Cucu.

“Bali United tidak siapm karena ada pertandingan AFC, sehingga dia menyarankan tidak bermain di laga pembuka. Kemudian, kami memilih Persebaya. Alasannya, karena Persebaya merupakan runner-up Liga 1 2019,” tambahnya.

Bali United di Piala AFC tergabung di Grup G. Tim Asuhan Stefano Cuggura Tecco ini bakal bersaing dengan Ceres-Negros (Filipina), Than Quang Ninh (Vietnam), serta Svay Rieng (Kamboja).

Bali United akan memulai petualangannya di Piala AFC menjamu Quang Ninh di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, 11 Februari 2020. Kemudian, Bali United bakal bertandang ke Svay Rieng, 25 Februari 2020. (*)

Penulis : Ade Indra

Editor : AMK