Lima Ciri Pecandu Narkoba

27
Hosting Unlimited Indonesia

SEHAT|KABARNUSANTARA.ID – Sebenarnya perbedaan antara pecandu narkoba dan orang normal sangat tipis, sehingga butuh pengamatan agak teliti untuk mengetahui apakah seseorang itu pecandu atau bukan. Hanya tes lab dan pemeriksaan medis yang bisa akurat untuk mendeteksi hal itu. Namun bukan berati bahwa kita sama sekali tak bisa mendeteksi mereka. Para pecandu narkoba biasanya menunjukkan beberapa ciri atau gejala. Nah dengan gejala yang ditunjukkan itulah kita bisa meraba-raba apakah seseorang itu korban narkoba atau bukan.

Dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada lima ciri dari korban atau pecandu narkoba.

Pertama, bobot tubuh biasanya susut sehingga tampak kurus. Penampilannya agak kumal. Mata memerah dan gigi sedikit demi sedikit rontok.

Namun bobot tubuh yang susut, umumya tak berlaku untuk pecandu ganja. Biasanya pecandu ganja malah berbadan lebih gemuk. Beberapa referensi mengungkapkan, orang yang sudah menghisap ganja biasanya memiliki selera makan yang tingggi. Itulah sebabnya pengguna ganja berbadan relatif lebih gemuk.

Kedua, penghisap sabu biasanya sering mengusap hidung. Ini terjadi karena hidung yang sering digunakannya untuk menghisap sabu, terasa gatal

Ketiga, berperilaku riang gembira atau depresi. Orang yang baru saja mengonsumsi narkoba biasanya menunjukkan perilaku riang gembira berlebihan. Untuk hal kecil pun, mereka menunjukkan kebahagiaan yang teramat sangat. Ia pun mendadak ramah kepada semua orang.

Namun ada juga orang yang baru mengonsumsi narkoba malah depresi. Ia merasa ketakutan teramat sangat sehingga mengurung diri di tempat sepi sendirian. Untuk hal-hal yang tak perlu dirisaukan pun, ia malah sangat ketakutan.

Keempat, sering sakit. Narkoba yang disalahgunakan akan merusak fungsi sistem kekebalan tubuh. Inilah sebabnya pecandu narkoba lebih rentan terhadap pilek, flu, pneumonia, serangan alergi, infeksi bakteri, dan yang lainnya.

Kelima, nekad berbuat kriminal. Keinginan yang teramat sangat untuk mengonsumsi narkoba, atau kecanduan, mengakibatkan pecandu sering nekad. Ia bisa menghalalkan segala cara asal keinginannya untuk mengonsumsi narkoba terpenuhi. Ia bisa jadi pencuri, pemalak atau pelaku tindakan kriminal lainnya agar mendapatkan uang untuk membeli narkoba.

Itulah sebagian ciri-ciri dari pecandu narkoba, dari sederet ciri lainnya. Akan tetapi kita harus waspada, tak semua orang kumal, kurus, gatal hidung, dan orang bergigi rontok merupakan pengguna narkoba. Bisa saja gejala itu ditimbulkan oleh akibat lain. Seperti di atas disebutkan, hanya pemeriksaan medis atau lab-lah yang bisa akurat untuk mendeteksi apakah seseorang pengguna narkoba atau bukan. (*)

Mustika, dari berbagai sumber

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan