KABARNUSANTARA.ID – Amat beruntunglah orang-orang yang didoakan malaikat sebab doa tersebut akan segera dikabul Allah. Kita tahu, malaikat makhluk yang suci dari dosa dan tak pernah lalai dengan perintah Allah. Karena kesucian dan ketaatannya tersebut, apa yang diminta atau didoakan malaikat akan segera mendapat respon dari Allah.

Banyak hadist yang menjelaskan tentang orang yang didoakan malaikat, dan lima di antaranya suri tauladannya mudah kita laksanakan.

Inilah kelima orang yang didoakan malaikat tersebut.

Orang yang tidur dalam keadaan suci

Diriwayatkan Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang tidur dalam keadaan suci, malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Ia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa, ‘Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci’.” (HR Ath-Thabrani).

Oleh karena itu, ketika hendak berangkat tidur, upayakanlah berwudlu dulu sehingga malaikat senantiasa bersama dan mendoakan kita.

Orang yang duduk menunggu waktu shalat

Rasulullaw SAW bersabda, “Tidaklah salah seorang di antara kalian yang duduk menunggu shalat selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya, ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia’.” (HR Muslim).

Menyimak hadist tersebut, maka beberapa menit sebelum adzan tiba, sebaiknya kita sudah berangkat ke masjid lalu duduk dan berdzikir menunggu tiba shalat. Jika ini dilakukan, maka doa malaikat akan tercurah kepada kita.

Orang yang shalatnya berada di shaf depan

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama.” Para sahabat lantas bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan orang-orang yang ada di shaf kedua?” Beliau SAW menjawab, “Juga untuk shaf kedua.” (HR Ahmad).

Orang yang menjenguk dan mendoakan saudaranya yang sakit

Orang ini tak hanya didoakan satu atau dua malaikat melainkan 70 ribu malaikat.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang Muslim menjenguk seorang Muslim yang lain di pagi hari, melainkan 70 ribu malaikat bershalawat (memintakan ampunan) untuknya hingga ia berada di sore hari. Jika ia menjenguknya di sore hari, 70 ribu malaikat bershalawat untuknya hingga ia berada di pagi hari. Dan, ia kelak memiliki buah-buahan yang dipetik di dalam surga.” (HR Tirmidzi).

Orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.

“Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain” (HR Imam Tirmidzi dari Abu Umamah Al Bahily).

Pembaca yang budiman, semoga kita menjadi kaum mukmin yang mendapat limpahan doa malaikat. Amin.

Mustika, dari berbagai sumber