GARUT|KABARNUSANTARA.ID1 Muharram adalah bulan pertama dan pembuka dari dua belas bulan Hijriyah dalam kalender Islam, Bulan Muharram sendiri merupakan satu dari empat bulan suci dalam satu tahun kalender umat Islam. Apa makna, sejarah dan keutamaan 1 Muharram, berikut penjelasannya.

Muharram jika dirujuk secara kata memiliki arti diharamkan. Karena bulan Muharram adalah salah satu bulan dari dari empat bulan yang diharamkan Allah SWT untuk melakukan peperangan atau perbuatan menganiaya diri sendiri.

Baca Juga: Aktivis 98 Serukan Rekonsiliasi Tanpa Intoleransi Dan Radikalisme

Sebelum zaman Nabi Muhammad SAW, masyarakat Arab tidak menggunakan angka dalam menentukan tahun, tetapi menggunakan sistem hari dan bulan. sehingga kelahiran Nabi Muhammad SAW di tentukan pada tahun gajah.

Oleh karena itu para sahabat berkumpul dan berdiskusi untuk menentukan sistem kalender Islam, dari banyaknya usulan, terpilihlah usulan dari Ali bin Abi Thalib yang mengusulkan kalender Hijriyah Islam dan dimulai dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Bonceng Empat Saat Rajia, Penumpang Malah di Kasih Uang Oleh Polisi

Dari panjang nya peristiwa tersebut, singkat cerita bulan Muharram menjadi bulan pertama dan pembuka di dalam kalender hijriyah sebagai sistem penentuan tahun dengan menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya umat Islam.

Oleh karenanya, ada beberapa kemuliaan di awal bulan Muharram yang bisa anda amalkan diantaranya senantiasa menunjukkan jati diri keislamannya, menjadikan fenomena pergantian waktu merupakan salah satu tanda-tanda kebesaran Allah, mengingatkan bahwa Nabi tidak ada contoh aktifitas atau praktek ritual tertentu dalam menyambut pergantian tahun, dan lain lain.

Baca Juga: Satlantas Polres Garut Hari Ini Mulai Gelar Operasi Patuh Lodaya 2019

Penulis: M Reza