Manfaat Mentimun di Tengah Cuaca Kering Berdebu

1
87

KESEHATAN|KABARNUSANTARA.ID – Musim kemarau telah lama berlangsung, dan kini cuaca yang kering dengan polusi udara yang cukup tinggi menyelimuti kita. Hati-hati, penyakit kulit, asma, dan sebagainya mengintai kita.

Salah satu solusinya agar kesehatan tubuh tetap terjaga, selain bangun pagi dan banyak-banyak menghirup udaranya yang masih segar, juga mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan banyak mengandung air.

Apa itu? Cobalah timun atau bonteng. Makanan murah meriah ini ternyata memiliki manfaat yang dahsyat, selain mudah didapat di warungan di sekitar rumah.

Baca juga:

Muncul Kolesterol dan Asam Urat Habis Lebaran Baca Selengkapnya

Dari hasil penelitian diketahui bahwa mentimun memiliki kandungan air 95 persen, dan kaya nutrisi yang sangat bermanfat bagi tubuh. Sayuran buah ini pun memiliki senyawa antioksidan yang dapat membantu penyembuhan dan mencegah penyakit.

Mentimun mengandung sekitar 45 kalori, 11 gram karbohidrat, 2 gram protein, 2 gram serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan mangan.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah manfaat mentimun bagi kita.

Mengurangi stres

Di musim kemarau yang kering dengan perbedaan suhu udara yang tinggi antara siang dan malam, stres mudah terpicu. Nah, mengonsumsi mentimun ternyata bisa sedikit meredakan stres tersebut. Timun kaya akan vitamin, terutama vitamin B kompleks termasuk vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7.

Vitamin B7 juga dikenal sebagai biotin, yang sangat efektif dalam merilekskan sistem saraf untuk menghindari stress dan rasa cemas.

Menjaga kesehatan kulit

Udara kering berdebu di musim kemarau, menyebabkan kulit rentan terkena penyakit.
Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Selain digunakan untuk masker wajah, cobalah konsumsi mentimun agak sering. Kandungan air, vitamin A, dan C serta mineral yang ada di dalamnya, akan memberikan efek positif terhadap kulit.

Baca juga:

Lima Orang Ini Mangsa yang Disukai Nyamuk

Obati Infeksi

Biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai antiinflamasi serta efektif dalam pengobatan infeksi. Cobalah mengonsumi jus timun secara rutin, infeksi bisa dikurangi.

Jaga kesehatan gusi

Rutin mengonsumsi mentimun juga bisa menghindarkan kita dari penyakit pembengkakan gusi. Bahkan sejumlah ahli pengobatan tradisional menyarankan konsumsi jus mentimun ketika penyakit tersebut menyerang kita.

Baik untuk otak

Flavonol yang terkandung dalam mentimun sangat bagus untuk kesehatan otak. Falvonol ini konon bisa meningkatkan konektivitas neuron yang dapat membantu dalam menjaga daya ingat.Selain itu juga akan melindungi sel-sel saraf dari kerusakan yang berkaitan dengan usia.

Menyuburkan rambut

Senyawa silika yang terkandung dalam mentimun bisa membantu menyuburkan rambut. Cobalah konsumsi jus mentimun dicampur wortel dan bayam secara rutin, efeknya terhadap rambut akan terasa. (*)

Mustika dari berbagai sumber

1 KOMENTAR