KESEHATAN, KABARNUSANTARA.ID – Memeluk dan mendekap si kecil tentu sering ibu lakukan setiap hari.

Meskipun sibuk alangkah baiknya jika kita membiasakan mendekap dan memeluk buah hati anda setiap hari. Karena dekapan dan pelukan hangat dari ibu untuk buah hati sangat berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang dan masa depannya kelak.

Berikut manfaat pelukan ibu kepada anak setiap hari dilansir dari Liputan6.com :

1. Mengoptimalkan perkembangan IQ dan EQ Si Kecil

Kecerdasan Intelektual yang dimiliki si Kecil memang merupakan bawaan lahir. Namun, kita tetap harus mengasahnya. Ibarat pisau yang sudah tajam namun karena tidak pernah dipakai pasti lama-lama akan tumpul juga.

Begitu pun dengan Kecerdasan Intelektual si Kecil yang tetap harus kita stimulasikan, misalnya dengan berlatih berhitung, membaca atau bereksperimen di rumah.

Namun pasti rasa malas akan datang mewarnai perjalanan Moms dalam menstimulasi kecerdasan intelektual si Kecil.

Pada masa itu, anda memiliki senjata terampuh sebagai wujud memberikan dukungan semangat pada si Kecil, yakni lewat sebuah dekapan hangat setiap saat.

Lewat dekapan hangat ia akan lebih semangat lagi dalam belajar. Tak hanya itu, dekapan hangat selama 20 detik mampu menciptakan hormon oksitoksin alias hormon cinta yang terbukti mampu membuat si Kecil lebih cerdas.

Sedangkan Kecerdasan Emosional anak yang bukan merupakan bawaan lahir pastilah harus kita asah. Perkembangan kecerdasan emosional sang buah hati dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor luar, salah satunya faktor lingkungan.

Karenanya kita harus menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk si Kecil. Kita pun sedari dini harus mengajarkan rasa kasih sayang pada si Kecil.

Agar kelak ia dapat memiliki rasa empati terhadap sesama. Senjata paling ampuh untuk mengajarkan si Kecil rasa kasih sayang dan empati itu adalah lewat pelukan hangat penuh kasih sayang.

Lewat pelukan hangat anda akan merasa aman dan nyaman. Di kala si Kecil merasa sedih, selalu ada pelukan hangat dari anda yang akan menjadi pelipur laranya. Hingga ia mulai terbiasa saat ia mengalami kegagalan atau kekalahan.

Mental kuat seperti inilah yang tentu kita harapkan ada pada diri si Kecil ya Moms. Ia pun akan lebih mengerti dan mampu memaknai rasa kasih sayang dan lebih peduli terhadap sesama.

2. Daya Tahan Tubuh Si Kecil Lebih Kuat

Dekapan hangat dan pelukan penuh cinta dapat memicu pelepasan hormon oksitoksin alias hormon cinta, dan hal ini sangat baik untuk si Kecil karena dapat menstimulasi tumbuh kembang si Kecil dengan lebih baik bahkan membuatnya memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Hal tersebut karena si Kecil bisa terhindar dari stres dan rasa cemas yang belum dapat ia kelola dengan baik. Dengan pelukan hangat anak anda akan terhindar dari stres dan rasa cemas itu.

Hormon oksitosin yang dilepaskan ke dalam aliran darah pun akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh si Kecil tersayang.

3. Menumbuhkan Rasa Empati Sejak Dini

Memeluk si Kecil secara rutin pun akan membuat si Kecil tumbuh menjadi anak yang penyayang. Karena, setiap hari kita bisa mentransfer energi positif kepada si Kecil lewat dekapan dan pelukan itu.

Hingga anak anda dewasa nanti ia akan lebih berempati kepada orang lain dan menjadi sosok yang penyayang.

Hebat ya rupanya kekuatan sebuah dekapan, pelukan dan cinta? . (*)

Penulis : Ade Indra

Editor : AMK