KABAR NUSANTARA – Berita Islami, Mentri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan jika masyarakat Indonesia terutama para santri harus bersyukur menjadi bagian dari sebuah negara bernama indonesia. Sebab Indonesia memiliki kekhasan yang tak banyak dimiliki oleh negara lain yaitu kemajemukan dan memiliki hubungan yang istimewa antar umat beragama.

 

“Bangsa Indonesia bukan kemauan kita, melainkan takdir Tuhan. Ditakdirkan Tuhan jadi bagian bangsa ini Bangsa yang khas dan istimewa dalam hubungan agama,” ujar Menag di acara Halaqah santri Nusantara di Gedung Multipurpose UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Rabu (28/3/18).

Menag sendiri menjabarkan bahwa masyarakat di Indonesia selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama. Salah satunya dibuktikan dengan banyaknya ritual keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

“Dengan banyaknya ritual keagamaan di indonesia. Ada kirim doa dan macam-macam. Bahkan setiap acara keagamaan diawali dan ditutup dengan doa,” urai Menag.

Menag juga menyebut bahwa salah satu miniatur keberagaman Indonesia. sehingga menag meminta kepada para santri untuk mempertahankan keberagaman di Indonesia.

Menag menambahkan para santri selain mengusung keberagaman juga menjaga kebangsaan dengan cara moderasi yang bersifat Islami. Moderasi Islami ini bisa merampungkan sengketa yang terjadi antar umat.

“Sengketa antaragama yang biasanya terjadi adalah buah dari pendekatan yang berbeda. Para santri harus saling mendekati satu dengan yang lain karena kemajemukan dan keberagaman adalah anugerah Tuhan. Kemajemukan adalah cara Tuhan memberikan keanugerahan untuk saling mengisi bangsa ini,” ujarnya.

(Rifal)