Menurut Teten Pasar Anak Mudah Harus Disasar koperasi Saat Ini

0
102

JAKARTA. KABARNUSANTARA.ID – Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM , minta agar koperasi bertransformasi menyesuaikan diri dengan revolusi industri 4.0 di tengah pandemi Covid-19.

Yang bisa dilakukan sebagai langkah awal koperasi dengan membangun karakter yang kreatif dan inovatif. “Langkah awal yang perlu dilakukan dalam transformasi adalah membangun karakter kreatif dalam inovatif bagi insan penggerak strategi bisnis,” ujar Teten saat melakukan Webinar Nasional Koperasi Era Industri 4.0, Jakarta, Senin (20/7/20).

Orang yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan ini meminta koperasi sebagai salah satu lembaga keuangan bisa masuk ke sektor ekonomi kreatif, sebab saat ini banyak anak muda yang terlibat dalam sektor ini.

Hal ini menjadi penting lantaran secara demografi, anak muda jumlahnya lebih banyak, apabila koperasi terlambat masuk ke generasi ini, maka koperasi di masa mendatang bakal ditinggalkan.

“Kalau koperasi tidak masuk ke anak muda saat ini, saya kira koperasi akan ditinggalkan,” jelas Teten.

makanya sangat penting koperasi menunjukkan kemampuan inovasi dan kreativitas agar menjadi pilihan lembaga keuangan yang rasional, koperasi juga dituntut untuk beradaptasi dengan sistem digital agar tidak tertinggal.

“Jika tidak mau tergilas perubahan zaman, makanya perlu redesain supaya koperasi bisa lebih cepat dalam pelayanan anggota,” tutur Teten.

Saat ini sudah banyak koperasi dan lembaga pembiayaan lainnya yang mengembangkan aplikasi digital, lewat aplikasi ini diharapkan komunikasi antara koperasi dan anggota jadi lebih efisien.

Selain itu, pihaknya juga tengah merumuskan arsitektur ekosistem baru agar koperasi bisa sejajar dengan korporasi. “Ekosistem baru yang menginginkan koperasi bisa tumbuh sejajar dengan korporasi,” katanya mengakhiri.

Reporter : Mimbar

Editor : AMK