GARUT, KABARNUSANTARA.ID – H. Rudy Gunawan S.H,.MH Bupati Garut, Jawa Barat, mengungkapkan, di kawasan Garut Selatan (Garsel) terdapat sekitar 30 lebih potensi objek wisata yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata yang cukup menjanjikan.

” Di Garut Selatan itu, termasuk Kecamatan Singajaya itu hampir ada 30 lebih objek wisata, kebanyakan pemandangan, view dan air,” ujar Rudy Gunawan, Kamis (10/09/20).

Ia menyebut semangat masyarakat Garsel untuk mengembangkan pariwisata itu terganjal oleh infrastruktur jalan yang tidak memadai.

” Kemarin itu saya sudah ke Bukit Malaya itu bagus, tapi jalannya jelek, terus saya ke Leuwidalem juga jalannya jelek, mau diperbaiki, ini yang harus kita perhatikan, dan kita sedang membangun jalan secara besar besaran,” jelas Rudy yang baru pulang dari kunjungannya ke Garsel.

Akses Jalan Masuk Wisata yang tidak bagus, jadi sumber masalah pendongkrakan ekonomi di bidang pariwisata (Dok : Humas)

Dikatakannya, besaran dana desa itu maksimal Rp. 1,2 milyar, sedangkan desa ada yang memiliki panjang jalan 70 kilo meter, jika 1 tahun hanya membangun jalan 1 Km, maka diperlukan waktu 70 tahun untuk membangun jalan.

“Makanya untuk pembangunan jalan ini dipercepat oleh Pemda Garut, harusnya ada bantuan juga dari provinsi, kan kalau jalan bagus, pariwisata juga bagus,” tandasnya.

Sedangkan terkait adanya tiga hotel di objek wisata Cipanas yang sempat ditutup akibat adanya beberapa pegawai hotel yang positif Corona, namun kini objek wisata air panas itu sudah ramai lagi oleh kehadiran pengunjung, Rudy menyebut, bahwa cluster Cipanas tidak tetinfeksi.

” Cluster Cipanas ini ternyata tidak terinfeksi, keluarganya juga negatif. Cuma yang menjadi persoalan sekarang ini, menangkal tamu-tamu yang datang itu lebih baik. Kemarin sudah ada kesepakatan dengan PHRI, dan pengelola Cipanas, mereka akan menerapkan protokol kesehatan lebih ketat lagi,” imbuhnya.

Bahkan Menurut Rudy, pemerintahnya sudah melaksanakan Swab Test terhadap 18 ribu warganya.” Garut ini baru 18 ribu, masih ada 9 ribu lagi, Garut itu paling banyak Swab-nya,” tutupnya.

Reporter : Zay

Editor : AMK