GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Bupati Garut H.Rudy Gunawan didampingi Waka Polres dan Kasdim melepas peserta sepeda santai Bareng Dandim 0611 Garut untuk memeriahkan Hari Juang Kartika TNI-AD Tahun 2019. Perayaan tersebut dilangsungkan di Mako Kodim 0611, Jl. Veteran, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (8/12/19).

Bahkan Bupati dua periode itu ikut bersepeda santai menempuh jarak 25 kilometer, dimulai dari Jl. Veteran, Jl. Bank, Jl. Cimanuk Makta, Jl. Rsu Sukapadang, Jl. Desa Sukakarya, Jl. Desa Sukabakti, Jl. Desa Kersamenak, Jl. SD Cintakarya Samarang, Masuk Jl. Sawah Cintarakyat, Jl. Ciroyom Samarang, Jl. Desa Mekarwangi Tarogong Kaler, Jl. Desa Mekarjaya Tarogong Kaler, Jl. Rancabango, Jl. Samarang Hampor, Jl. Patriot, Jl. Simlim, Jl. Pembangunan, Jl. Rsu, Jl. Papandayan, Jl. Cikuray, Menuju Kodim sebagai finish.

“Kegiatan sepeda santai ini diharapkan terus berlangsung karena bermanfaat untuk menyehatkan, menumbuhkan rasa bahagia, menguji fisik dan juga menjalin silaturahmi,” ujar Rudy.

Peserta sangat antusias mengikuti event tersebut untuk berolahraga dan memperebutkan hadiah doorprize satu sepeda motor, satu sepeda gunung, beserta hadiah hiburannya.

Selain itu Dandim 0611 Garut yang dibacakan Kasdim 0611 Garut Mayor Inf Hamzah Budi Susanto SE, menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadirannya karena secara mendadak menghadiri agenda bersama Wakasad di Kecamatan Banyuresmi.

“Terima kasih kepada Bupati Garut, jajaran TNI-Polri, dan unsur-unsur lainnya, atas dukungan serta kehadirannya, sepeda punya sejarah tersendiri di Indonesia, popularitas bersepeda diperkenalkan di masa penjajahan Belanda. Pelatih asal belanda membuat sepeda di eropa sebagai sarana transfortasi saat itu mereka berada di Indonesia, di era modern ini perkembangan sepeda di Indonesia bukan lagi hanya sebagai alat transfortasi atau cabang olahraga saja, tetapi sudah menjadi sebuah gerakan sosial untuk mencapai hidup sehat yang lebih baik,” ujarnya.

Bahkan kegiatan bersepeda tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengajak masyarakat sebagai alat transfortasi dan olah raga. Karena dengan bersepeda kita akan memperoleh manfaat yang positif diantaranya, mengurangi polusi udara, menyehatkan, menghemat bahan bakar minyak sebagai olahraga yang menyenangkan.

Reporter : MD Sumarna
Editor : Slamet Timur