GARUT, KABARNUSANTARA.ID. – Masa pandemi global telah terasa bagi semua sektor industri, namun berbeda dengan startup digital. Masa inilah akselerasi bagi startup digital untuk memberikan dampak seluas-luasnya atas kebutuhan market di Indonesia. Menjadi Nyata, program startup inkubator online yang digagas oleh Erendi Digital Labs, perusahaan yang bergerak di bidang riset dan pengembangan teknologi, hadir memberikan peluang dan memfasilitasi para pelaku startup digital untuk melahirkan idenya dan membuatnya Menjadi Nyata untuk memberikan dampak dan kontribusi bagi masalah yang ada di sekitar.

Guna mencapai tujuan Menjadi Nyata untuk mendapatkan 5 ide startup terbaik di Indonesia yang dapat mengikuti program startup inkubator online, Menjadi Nyata menggelar roadshow virtual, berupa webinar, “Menjadi Nyata Talks”, di 10 kota di Indonesia, untuk memperkenalkan programnya dan juga talkshow mengenai industri startup dari para stakeholder. Beberapa tema webinar tersebut di antaranya adalah mengenai capital provider di industri startup, mulai dari Venture Capital, Private Equity, Fintech, dan Bursa Efek Indonesia, yang dapat menjadi solusi pendanaan dan menjawab hambatan startup untuk berkembang lebih pesat. Modal Saham yang juga perusahaan investasi yang berkonsentrasi pada investasi di UKM dan startup di Indonesia, turut serta untuk ambil bagian menjadi salah satu narasumber yang mendukung webinar Menjadi Nyata.

“Kami sangat antusias dengan program startup inkubator online Menjadi Nyata. ModalSaham dapat bersinergi sebagai salah satu sumber pendanaan para startup yang mendaftar apabila ada startup yang menarik minat kami. Poin penting untuk startup yang ModalSaham akan danai adalah startup yang sudah berjalan 2 tahun dan sudah memiliki cashflow positif”, ujar Muhammad Reza Alkhawarismi, CEO Modal Saham, saat ditanya oleh salah satu peserta webinar bagaimana mendapatkan pendanaan dari Modal Saham.

Selain itu, webinar ini juga didukung oleh narasumber dari berbagai perusahaan investasi ternama di industri startup Indonesia, yaitu Alkantara Prakarsa Group, Alkhawarismi Venture Capital Investment, Kejora – SBI Orbit, Kejora Ventures, Pegasus Tech Ventures, Prasetia Dwidharma, Spiral Ventures, dan UMG Idealab. Perusahaan investasi ini mendukung karena startup inkubator menjadi salah satu bagian dari ekosistem startup dan perusahaan mereka juga dapat berburu startup terbaik untuk diinvestasikan sehingga dapat menambah portofolio baru bagi perusahaan. Di akhir program Menjadi Nyata, 5 startup yang terpilih pun dapat melakukan pitching untuk mendapatkan pendanaan dari Venture Capital yang sudah berkolaborasi dengan Menjadi Nyata, pada acara Demo Day, akhir Oktober 2020.

“Kami siap mendukung dan berkolaborasi dengan program startup inkubator online Menjadi Nyata, sehingga kita secara bersama-sama dapat terus berkontribusi untuk perkembangan dunia inovasi digital di Indonesia”, tegas Jefry Pratama, General Manager Portfolio Management & Investment UMG Idealab.