GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Dalam rangka sosialisasi pemilu 2019, Kelompok Cipayung bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) gelar nobar Debat Cawapres 2019. Mengundang para mahasiswa KPU berharap mahasiswa bisa berperan aktif dalam pelaksanaan pemilu 2019.

Baca juga : TIM Kampaign Jabar Sebut OTT Ketum PPP Tidak Pengaruhi Pemilih Jokowi – Maruf

“Kami juga mengundang beberapa organisasi mahasiswa, ada HMI, PMII, GMNI, KAMI. Mereka harus aktif, setidaknya menjadi penyelenggara dan jadi pengawas,” jelas Ketua KPU Kab. Garut, Junaidi Basri, Minggu ( 17/3/2019 ).

Baca juga : Perubahan Ini Yang di Inginkan PADI Kemang Pratama

Dalam reqruitment anggota KPPS, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengalami kesulitan. Tidak sedikit pelamar yang belum memenuhi syarat. “Kami baru dapat sekitar 80% yang memenuhi syarat. Salah satu yang jadi masalah adalah tingkat pendidikan terutama di daerah Garut Selatan, maka dari itu keterlibatan mahasiswa di pemilu 2019 dibutuhkan” ujarnya.

Baca selengkapnya : Disini 

Divisi SDM dan Sosdiklih Panmas KPU Garut, Nuni Nurbayani, menyebutkan pembentukan KPPS dilaksanakan mulai 28 Februari 2019. Adapun jumlah KPPS yang dibutuhkan di Garut totalnya mencapai 56.392.

Seleksi penerimaan anggota KPPS ini merujuk pada pasal 59 Undang-undang nomor 7 tahun 2017. Dalam UU tersebut dijekaskan bahwa seleksi penerimaan anggota KPPS dilaksanakan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas dan kemandirian calon anggota KPPS.
(Ihsan)