Olahraga Lari Memiliki Dampak Positif Bagi Tubuh Ini Penjelasannya

1
93

JAKARTA|KABARNUSANTARA.ID – Olahraga lari merupakan olahraga yang fleksibel dapat dilakukan di mana saja. Anda bisa berolahraga lari di dalam maupun di luar ruangan. Beberapa orang lebih memilih berolahraga lari di dalam ruangan dengan alat bantu olahraga treadmill. Tetapi kelompok lain lebih memilih berlari di luar ruangan, seperti di jalanan atau lapangan, berkelompok.

Mana yang baik olahraga lari di dlam ruangan atau diluar ruangan ? Healthy lifestyle influencer dan sport enthusiast Matias Ibo mengatakan keduanya sama baiknya. Ada beberapa keunggulan dari masing-masing lokasi. Pertama, dari segi cuaca. Menurutnya, cuaca tidak mempengaruhi olahraga Anda saat melakukannya di dalam ruangan.

Namun berbeda dengan lari di luar karena saat hujan, seseorang pasti harus mengurungkan niatnya itu. “Tapi di luar kalau pagi-pagi atau setelah hujan itu oksigennya bagus sekali. Kalau di dalam ruangan bagus juga, dengan catatan jendela dan pintu harus dibuka agar sirkulasi udaranya baik,” katanya dalam acara media gathering bersama AIA di Jakarta pada 26 Juli 2019.

Selanjutnya dari segi hasil akhir. Matias mengatakan berolahraga di dalam dan luar ruangan tentu bisa melatih otot kaki hingga menyehatkan jantung. Bedanya, olahraga di luar ruangan memiliki efek baik tambahan yaitu menurunkan tingkat stres. Menurutnya, banyak penelitian yang telah membuktikan bagaimana memandang tumbuhan atau pepohonan dapat melepas hormon bahagia.

“Kalau di dalam ruangan kan lihatnya televisi atau bahkan hanya tembok-tembok saja. Sedangkan di luar bisa lihat pemandangan hijau. Ini bagus sekali untuk menghilangkan stres,” katanya.

Bahkan pendapat lain dilontarkan berhubungan dengan tujuan. Ia mengatakan bahwa tujuan dari setiap orang untuk berlari tentu berbeda. Apabila ingin sehat, lari di dalam ruangan saja bisa dilakukan. Namun jika sedang akan melakukan perlombaan seperti marathon, tentu lari di luar ruangan lebih tepat untuk dijalani.

“Kalau mau marathon dan di dalam ruangan, tidak bisa memperkirakan track dan suasana sekitar. Padahal kan butuh adaptasi,” katanya.

Sumber : Tempo.co

1 KOMENTAR