Jakarta,KABARNUSANTARA.ID – Pemerintah kembali mengetatkan PSBB di daerah ibu kota Jakarta. Hal ini disebabkan karena penyebaran virus Covid-19 yang melambung tinggi selama PSBB transisi dijalankan pada bulan Juni 2020 kemarin. Tenaga medis yang tidak lagi bisa menangani pasien yang terjangkit virus Covid-19 bila angka terus naik, menjadi kekhawatiran pemerintah selama ini.

Ketika Anda di rumah saja, sudah dipastikan menjaga kesehatan tubuh jadi prioritas utama karena dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kegiatan berolahraga juga menjadi aktivitas favorit masyarakat di tengah pandemi. Melansir The Jakarta Post, studi besar pernah membuktikan bahwa olahraga ringan hingga sedang yang dilakukan sekitar tiga kali seminggu mampu mengurangi risiko kematian selama wabah flu Hongkong pada tahun 1998.

Sementara orang yang tidak berolahraga sama sekali atau terlalu banyak berolahraga (lebih dari lima hari berolahraga per minggu), berada pada risiko kematian terbesar dibandingkan dengan orang yang berolahraga cukup. Jadi, jangan berhenti berolahraga, tapi manfaatkan waktu untuk olahraga di rumah dengan cara ini:

kardio

Olahraga kardio memang sangat simple serta efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat. Untuk melakukan olahraga ini, Anda hanya memerlukan ruangan yang cukup besar, matras dan baju olahraga. Untuk pemula, Anda bisa melakukan peregangan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan gerakan jumping jacks, high knee, mountain climber, sit up, push up dan plank. Gerakan ini masing-masing dilakukan selama 30 detik dan diulang sebanyak 2 hingga 3 kali.

Jika kamu sudah terbiasa dengan semua gerakan di atas, cobalah untuk memanfaatkan beberapa alat olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah, seperti lompat tali ataupun barbel.

Senam Aerobik

Senam aerobik adalah salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan tanpa membeli alat-alat sederhana seperti olahraga kardio, tetapi memiliki manfaat dan kepraktisan yang serupa dengan kardio, sehingga olahraga ini bisa dilakukan ketika Anda di rumah saja.

Contoh senam zumba misalnya, dengan mengikuti video tutorial di Youtube atau bahkan bersama teman-teman di rumah masing-masing lewat video conference. Instruktur olahraga aerobik tetap memberikan gerakan-gerakan yang membuat tubuh berkeringat sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Senam aerobik juga mampu meredakan gejala depresi dan gangguan cemas yang dihadapi selama pandemi ini.

Yoga dan Pilates

Jika Anda melakukan olahraga ini dengan benar dan sungguh-sungguh, alhasil Anda bisa efektif membakar lemak dalam tubuh, hingga mengurangi stress karena ada beberapa gerakan dalam yoga yang bisa membuat Anda lebih tenang dan santai, sehingga kecemasan yang ada dalam pikiran Anda bisa berkurang jika rutin melakukan yoga.

Beberapa manfaat yoga lainnya adalah menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan, memperkuat energi serta vitalitas. Anda bisa melakukannya di rumah dengan mengikuti video tutorial yang banyak tersedia di Youtube, Instagram hingga mengikuti kelas yoga yang sudah tersedia secara online.

Jogging

Jogging bisa dibilang adalah salah satu olahraga yang digemari oleh banyak orang. Bila Anda rutin melakukan olahraga ini, banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan seperti meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga membantu perkembangan otot.

Jogging pun tidak melulu dilakukan di luar rumah, Anda bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan treadmill. Jika Anda belum memiliki alat olahraga yang mendukung kesehatan, cobalah untuk berinvestasi pada kesehatan Anda dengan membeli berbagai peralatan olahraga seperti treadmill, matras, sepeda statik dan lain-lain.

Agar badan sehat dan keuangan juga sehat, Anda bisa membeli perlengkapan olahraga menggunakan Kredivo dengan metode kredit online di 1000+ merchant online dan offline yang ada di Indonesia. Layanan pay later dengan bunga 0% ataupun kredit online dengan bunga ringan 2,6% per bulan dan tenor 3/6/12 bulan, bisa Anda gunakan untuk membeli barang-barang bermanfaat di e-commerce untuk menjaga kesehatan.

Selain alat olahraga selama di rumah saja, Anda juga bisa membeli kebutuhan kesehatan menggunakan Kredivo, seperti vitamin, alat-alat olahraga hingga hand sanitizer