GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Organisasi Mahasiswa Garut (Dermaga) Jakarta menyalurkan sejumlah bantuan kepada korban banjir bandang yang terjadi di wilayah Selatan Kabupaten Garut.

Ketua Umum Dermaga Gilan Rifaldi mengatakan, bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan dana dan diberikan kepada korban berupa 2,25 kuintal beras, 17 kardus mie instan dan 2 kardus minyak goreng.

“Jadi awalnya kan kita dapet berita dari berbagai media juga kawan-kawan yang ada disekitar lokasi terdampak, lalu kita berinisiatif buat menggalang dana donasi untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak. Dana yang sudah terkumpul kita belikan dalam bentuk bahan makanan seperti beras, minyak, dan mie instan,” ungkap Gilan, Minggu (8/11) saat dihubungi.

Gilan menuturkan, mahasiswa juga bekerja sama dengan salah seorang influencer Garut yaitu Mutiara Ayu Lestari, sembako pun langsung diberikan kepada masyarakat yang pemukimannya berada di bantaran sungai kampung Kaum Lebak Pamengpeuk, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

“bantuan kita berikan kepada korban yang pemukiman mereka berada di bantaran dan samping sungai, kemarin disana kita ketemu sama perwakilan dari pihak RW di posko siaga banjirnya,” tambahnya.

Gilan berharap, bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi warga terdampak, selain itu, kata dia, kegiatan penyaluran bantuan tersebut merupakan wujud peduli dari Mahasiswa Daerah Garut (Dermaga) selaku Putra daerah yang merantau di Jakarta dan sekitaranya.

Sebelumnya diberitakan hujan deras yang mengguyur wilayah  selatan Garut pada Minggu malam hingga Senin, 12 Oktober 2020 dini hari menyebabkan banjir bandang akibat meluapnya air di sejumlah sungai besar dan berdampak pada ribuan rumah di wilayah Kecamatan Pameungpeuk, Cikelet, dan Cibalong.