SURABAYA, KABARNUSANTARA.ID – Tidak kenakan ikat pinggang, maba dibentak mahasiswa yang menjadi panitia ospek atau PKKMB Unesa viral di medsos. Namun, pihak kampus tidak memberikan sanksi kepada mahasiswa yang juga panitia tersebut.

Menanggapi viralnya video tersebut, Kepala Humas Unesa Vinda Maya Setianingrum mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi kepada mahasiswa maupun panitia pada Senin (14/9/20) malam. Beberapa panitia dipangil untuk diminta penjelasan.

“Selasa pagi kami akan mencoba memanggil panitia terutama komisi disiplin (komdis). Kami ingin tahu kronoginya sepeti apa, karena setiap fakultas punya aturan masing-masing,” ucap Vinda kepada wartawan di Gedung Rektorat Unesa, Selasa (15/9/20).

Mengenai sanksi dari kampus, Vinda tidak menjelaskannya secara tegas iya atau tidak. Tetapi Ia menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan masalah internal dan akan diselesaikan secara kekeluargaan.

“Baik panitia semua mahasiswa kami, maba yang kemarin ada di video adalah mahasiswa. Kami akan berusaha menyelesaikan secara internal dan kekeluargaan,” ujar Vinda.

“Kami akan mencoba melakukan evaluasi secara detail, yang penting kami mencari solusi dulu untuk mengetahui kronologinya seperti apa. Kami akan minta keterangan dari masing-masing mahasiswa. Ke depan kami ingin agar kejadian ini tidak berulang,” imbuhnya.

Kini Unesa sedang berkoordinasi tentang panitia dan maba tersebut. Mereka akan dipanggil untuk dimintai kejelasan.

“Pasti kami akan memcari solusi yang terbaik. Semua mahasiswa kami,” pungkas Vinda.