GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) yang merupakan agenda tahunan Pemkab Garut dengan leading sektor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), kembali digelar. Sebanyak 171 pendaftar pada tanggal 20 Februari 2019 lalu, mengikuti tahapan audisi di Pendopo Garut, Minggu (24/3/2019).

“Ada 3 tahap proses audisi, yang pertama tes tulis, yang kedua tes wawancara, dan terakhir ada pantohir,” terang Ketua Pelaksana Pasanggiri Mojang Jajaka 2019, Sayyid Muafik Dzikri, di tempat acara.

Sayyid menyampaikan, dari tahun ke-tahun peserta yang mendaftar terus meningkat. Pendaftaruntuk Moka tahun 2019 ini, jumlahnya lebih banyak dibanding tahun lalu, yakni sebanyak 171 orang untuk berbagai katagori.

“Sebanyak 58 untuk Mojang Rumaja, 43 Jajaka Rumaja, 37 Mojang Dewasa, dan 33 Jajaka Dewasa,” jelas Sayyid.

Ditambahkannya, audisi hanya dilaksanakan satu hari, selanjutnya peserta yang terpilih akan lanjut ke proses karantina.

“Semua tahapan audisi kita lakukan hari ini, nanti akan ada 28 finalis yang terpilih, terdiri dari 7 Mojang Rumaja, 7 Jajaka Rumaja, 7 Mojang Dewasa, dan 7 Jajaka Dewasa,” terangnya.

Sayyid juga menyampaikan terimakasih dan mengapresisasi keberanian peserta yang telah mendaftar dan mengikuti audisi. “Keberanian mereka untuk ikut harus kita apresiasi. Semoga juga temen – temen yang ikut audisi lebih bisa mengembangkan diri dan lebih kreatif lagi,” ujar Sayyid. (Ihsan)