GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Liliyana Natsir, pebulutangkis yang berpasangan dengan Tontowi Ahmad akhirnya syah menjadi CPNS. Perebut medali emas pada Olimpide Rio de Janeiro 2016 untuk ganda campuran (bersama Tontowi Ahmad) itu, menerima SK CPNS di Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Ada 286 atlet berperstasi yang mendapat SK CPNS pada Selasa kemarin. Selain Liliyana, juga lifter Eko Yuli Irawan.

“Agak kagok, biasanya pake celana pendek, bersepatu olahraga, sekarang harus pake kemeja, pantople dan rapi,” katanya kepada sejumlah wartawan yang mendatanginya usai menerima SK.

Liliyana Natsir yang akrab dipanggil Butet tersebut, saat menerima SK mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Ia berbaris dengan teman-temannya sesama atlet saat menerima SK.

Baca juga:

Dony Maryadi Oekon : Jawa Barat Jawaranya Slalom

Ratusan Offroader Ikuti Cikuray Adventure

Liliyana diangkat menjadi CPNS lewat jalur formasi khusus dari kalangan atlet berprestasi.

“Ini merupakan penghargaan dari pemerintah kepada para anak bangsa yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah olahraga internasional,” kata Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrowi dalam sambutannya.

Sesuai yang tercantum dalam SK CPNS-nya, Liliyana yang berijazah SMA Paket C ditempatkan sebagai staf pengelola sarana keolahragaan di Kemenpora. Bersama para atlet lainnya yang diangkat CPNS, Liliyana bakal mengikuti pelatihan dasar, mengikuti tes kesehatan dan penilaian kinerja baik sebelum mengucapkan sumpah/janji PNS selama setahun.

Liliyana Natsir lahir di Manado, Sulawesi Utara, 9 September 1985. Ia merupakan anak bungsu dari pasangan Beno Natsir dan Olly Maramis alias Auw Jin Chen. Sejak duduk di sekolah dasar, Liliyana sudah bergabung dengan klub bulu tangkis Pisok, Manado. Pada tahun 1997, Liliyana yang berusia 12 tahun diterima masuk di PB Tangkas, Jakarta.

Selain Liliyana, atlet lainnya yang dingkat CPNS adalah juga Tontowi Ahmad, pasangan The Minion Kevin Sanjaya dan Markus Ferinaldi yang meraih Emas Ganda Putra pada All England 2017, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan pasangan ganda putra peraih Emas Bulutangkis Asian Games 2014 yang juga peraih All England 2019, serta atlet lainnya.

Reporter : MR
Editor Mustika