Peduli Tenaga Medis, APERSI Sumbang APD dan Sembako

0
163

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Prihatin dengan kondisi fasilitas tenaga medis yang menangani Covid 19 Garut dengan kondisi serba kekurangan, Asosiasi Perumahan Seluruh Indonesia (APERSI) Sumbangkan APD untuk tenaga medis di Garut, Jawa Barat, Senin (6/04/20) siang.

Selain memberikan APD, pihaknya juga memberikan 100 Sembako bagi masyarakat sekitar.

“Sungguh miris liat kondisi di daerah, APD mereka hanya memakai jas hujan, kepala puskesmas sampe meneteskan air mata saat kita datang menyerahkan bantuan,” ungkap Uly Sulistio Sekjend APERSI Wilayah Garut saat menyerahkan bantuan di Puskesmas Sukasenang, Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Ia menyebut saat menyerahkan bantuan, pihaknya di ijinkan untuk masuk dan melihat pasien dari jarak jauh.

Dengan berbagai kondisi pasien dalam pengawasan yang di isolasi dan akan di rujuk.

“Ada 3 ambulan datang hasil rujukan, saya melihat ada seorang kakek tua yang tertidur di sudut kursi kayu di parkiran tempat ambulan itu parkir, dan menurut kepala puskesmas itu merupakan pasien yang akan dirujuk ke RSU dr slamet,” jelas Uly.

Dirujuknya pasien dalam pemantauan karena mulai mengalami pembengkakan di tengorokan sedikit terabaikan karena keterbatasan tenaga medis, kurangnya kelengkapan dalam penanganan membuat relawan yang ada tak berani turun tangan.

“Kepala puskesmas mengatakan kepada saya kalo mereka kekurangan tenaga, relawan pun segan untuk turun tangan langsung karena kelengkapan kita tidak memadai. Kita butuh sarung tangan, kita butuh alat cek panas tubuh, kita butuh apd yang layak bukan jas hujan, kita butuh masker sperti yang bapak pakai,” sebut kepala Puskesmas Sukasenang dr. hj. Sri Cahyatiningsih.

Dengan kondisi ini Uly menyebut jika APERSI akan terus berupaya menghimpun pengusaha yang tergabung di APERSI untuk memberikan bantuan APD dan berbagai kebutuhan tenaga medis.

Reporter : Evan
Editor : Ade Indra