Pembelajaran Organisasi Untuk Mencegah Bahaya Radikalisme

0
202

KABARNUSANTARA.ID – Berita Islami, santriah Al- Futuhiyyah sedang melaksanakan pembelajaran organisasi pada hari sabtu (09/06/18) di Pesantren Al-Futuhiyyah Garut Para santriwan santriwati diajarkan organisasi sebagai bentuk pembelajaran untuk mencegah bahaya radikalisme.

Bahkan terlihat dilokasi beberapa santri sedang melakukan pemaparan dan bermusyawarah untuk mendapatkan sebuah kesepakatan bersama, dari para santri yang belajar organisasi inilah, muncul sebuah pandangan bahwa seorang santri-pun siap untuk bersaing dengan para organisator lainnya yang mungkin lebih banyak pengalaman di dunia organisasi.

Belakangan ini memang dunia pesantren sering diidentikan dengan kecaman sarang teroris dan tempat kekerasan yang membawa nama agama (radikalisme), padahal jauh dari apa yang sering dikatakan nyatanya dunia pesantren telah mampu menjaga keutuhan bangsa ini dengan memberikan pendidikan akhlak moral yang tidak sepenuhnya didapatkan di sekolah umum, hal ini seperti yang tergambar antusiasnya para santri/ah belajar organisasi untuk bekal masa depannya kelak.

Pada pembelajaran organisasi yang diterapkan di pesantren ini lebih menitik beratkan pada pelatihan mental dan kemampuan untuk berkomunikasi sehingga nantinya santri tidak takut lagi untuk bicara di depan umum, Ujar hasim salah satu pembimbing santri pembelajaran Organisasi.

Organisasi adalah suatu pola hubungan- hubungan yang melalui mana orang- orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama, dengan hal itu organisasi sangatlah berpengaruh untuk menjaga stabilitas organisasi yang dijalaninya, begitupun organisasi sangat lekat di dunia santri karena adanya wadah organisasi untuk menjalankan suatu program yang akan dilaksanakan.

Yeni Fadilah Siswi Kelas 2 SMP

Yeni Fadilah siswi kelas 2 smp mengatakan sangat senang bisa belajar berorganisasi “ alhamdulillah banyak ilmu yang didapat karena sama sekali tidak mengganggu pelajaran justru berorganisasi membuat saya semakin percaya diri dan lebih dewasa ” katanya.

Dengan demikian sudah dipastikan pentingnya pendidikan organisasi dikader sejak dini sebagai bentuk pelatihan dasar agar menjadikan calon putra – putri bangsa yang taat hukum dan aturan untuk menjadikan Indonesia yang sejahtera aman tentram dan terbebas dari bahaya radikalisme.

(Hudori/Evan)