Pemkab Garut dan LSM RAGAB Tanam 50.000 Pohon Sebagai Penguatan Tanah Konservasi di Wilayah Pertambangan dan Industri

0
102

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Wakil Bupati (Wabup) Garut dr Helmi Budiman, secara resmi membuka acara Gebyar Penanaman 50.000 Pohon tanaman kayu dan buah-buahan, di Kampus STAI Siliwangi Jalan Raya Tutugan Leles, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (15/01/20).

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengatakan kepada Kabarnusantara.id bahwa Kabupaten Garut adalah daerah Konservasi, daerah lindung yang harus mendapatkan perhatian terutama reboisasi penghijauan, termasuk pada hari ini melaksanakan penghijauan atau reboisasi di daerah Leles ini.

“Pada hari ini akan ditanam sekita 20.000 pohon, oleh seluruh elemen yang ada di wilayah Leles ini, melibatkan juga unsur LSM dan masyarakat setempat,” ujar Helmi.

Hal ini, lanjut Helmi, akan menguatkan daerah konservasi di daerah tersebut, karena di Leles sendiri ada daerah tambang dan industri, maka dari itu daerah konservasinya harus kuat dan utuh.

“Untuk pengawasan tanaman sendiri, kalau wilayah kehutanan ada Perhutani dan BKSDA, nah kalau di masyarakat kita membuat fakta integritas, dan terutama disini ada penggerak yakni LSM Ragab,” kata Helmi.

Wabup juga menjelaskan, untuk kehutanan wilayah sekarang wilayahnya Provinsi, tetapi sebagai informasi Kabupaten Garut ini sebelum urusan kehutanan ke Provinsi, Garut menjadi juara pertama se Indonesia dalam hal penghijauan ditahun 2016, dan untuk sekarang kewilayahan kehutanan sudah diserahkan ke Provinsi.

Reporter : MD Sumarna

Editor : AMK